Ragam Inspirasi Lantai Rumah Minimalis yang Unik

17 Januari 2022 | Hunian Impian | 714 views

Lantai menjadi salah satu elemen utama dalam desain interior sebuah rumah. Keberadaannya mampu memberikan pengaruh kuat pada suatu ruangan. Tidak hanya dilihat dari tampilannya saja, materialnya pun dapat mempengaruhi fungsionalitas sebuah area. Misalnya seperti lantai keramik yang sangat cocok digunakan rumah minimalis karena terhitung ekonomis. Bagi Anda yang masih merasa bingung menentukan pilihan, berikut inspirasi lantai rumah minimalis.

Lantai Marmer

Marmer merupakan material lantai yang mampu menonjolkan kesan interior serba mewah dan elegan. Jika ingin menggunakannya, maka harus memperhatikan perawatan lantai marmer. Material yang mudah tergores dan ternoda oleh cairan asam dapat membuat strukturnya menjadi rapuh. Sehingga, lapisan sealer sangat dibutuhkan ketika ingin memasangnya. Untuk rumah minimalis, coba memilih marmer warna putih. Warna tersebut akan memberikan kesan simpel, bersih, dan mewah. Lantai marmer juga cocok digunakan sebagai lantai ruang keluarga. Tambahkan karpet di atasnya agar tetap terasa hangat. 

Solid Wood

Solid wood atau kayu solid dapat menjadi alternatif cantik untuk lantai rumah minimalis. Hampir sama seperti marmer, solid wood menonjolkan kesan eksklusif, hangat, dan natural. Anda dapat memperoleh berbagai jenis kayu untuk dijadikan materialnya, seperti merbau, jati, sonokeling, hingga bengkirai. Bahkan, ada juga material impor seperti kayu white oak, maple, birch, dan lainnya. Untuk lantai minimalis, akan lebih baik untuk menggunakan papan kayu yang sempit. Sebab, Anda bisa mendapatkan tampilan lantai yang lebih konsisten dan menarik untuk dipandang. 

Beton

Suka dengan gaya minimalis dan industrial? Anda dapat menjadikan beton sebagai material lantai yang tepat. Selain di-finish sebagai lantai beton polos, Anda bisa menambahkan warna, bahan tambahan, menambahkan tekstur, dan memolesnya hingga mengkilap. Perawatannya juga mudah karena sangat tangguh dan mudah dibersihkan. Anda hanya perlu memberikan sealer yang tepat agar permukaannya menjadi tahan air. Lantai beton akan cocok digunakan untuk lantai basement, kamar mandi, dapur, hingga ruang keluarga. 

Lantai Porselen

Jenis lantai porselen begitu populer digunakan sebagai lantai rumah minimalis. Tampilannya pun lebih eksklusif jika dibandingkan dengan lantai keramik. Motifnya pun beragam, bahkan ada motif alami seperti kayu bagi yang ingin menampilkan kesan alami. 

Lantai Keramik

Keramik terbuat dari campuran tanah liat dan pasir. Lantai keramik dinilai jauh lebih ekonomis sehingga cocok digunakan untuk rumah minimalis. Daya tahan yang dimiliki juga sangat mumpuni dan perawatannya mudah. Tampilan lantai keramik pun memberikan kesan bersih sehingga cocok bagi jika menginginkan rumah minimalis yang clean.  

Lantai Granit

Pilihan alternatif lain untuk lantai rumah minimalis adalah lantai granit. Material granit memiliki tekstur yang bagus, solid, menampilkan kesan alami, tegas, namun tetap terlihat indah. Granit dinilai kokoh karena tahan terhadap air dan udara lembab. Anda dapat memberikan finishing kasar sehingga tampilannya jauh lebih halus dan mengkilap. 

Sekarang, sudah nggak merasa bingung kan untuk menentukan jenis lantai apa yang cocok? Nah, beberapa pilihan tadi merupakan beberapa pilihan lantai rumah minimalis yang bisa Anda pilih. Jika ingin memberikan kesan mewah, marmer dapat dijadikan pilihan. Buat tampilan alami dapat menggunakan solid wood. Buat pilihan yang lebih ekonomis dapat menggunakan lantai keramik. Tidak hanya material lantai, Anda juga harus memperhatikan material bangunan agar lantai tetap kokoh. Gunakan semen berkualitas dari Semen Tiga Roda untuk hunian lebih tahan lama



Berita Lainnya