harga semen tiga roda
harga semen tiga roda

5 Hal Penting Bangun Rumah di Musim Hujan

26 November 2021 | Hunian Impian | 573 views

Tempat yang akan ditinggali dalam waktu yang lama tentunya harus nyaman dan aman saat digunakan. Oleh karena itu, dalam membangun rumah harus melalui perencanaan yang matang, mulai dari pemilihan bahan bangunan hingga menentukan waktu pengerjaan yang tepat. Salah satu jenis bahan bangunan yang paling penting untuk menentukan keawetan bangunan adalah semen. Di Indonesia sendiri, kualitas semen biasanya ditentukan dari harga dan reputasi produk semen itu sendiri. Misalnya, untuk harga semen tiga roda berada di kisaran Rp 40.000 - Rp 50.000. Mengetahui harga semen ini bertujuan untuk memprediksi budget yang dibutuhkan dalam membangun rumah.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa hal penting yang perlu diperhatikan adalah waktu pengerjaan. Salah satu kendala yang kerap terjadi adalah kendala cuaca. Sebagai negara tropis, Indonesia memiliki cuaca yang cenderung sulit diprediksi. Hujan kadang datang sewaktu-waktu di tengah waktu pembangunan rumah. Tentunya hal ini akan mempengaruhi proses pembangunan rumah. Membangun rumah saat musim hujan bisa jadi memiliki risiko tinggi. Namun, jika kita dapat menanganinya dengan baik, risiko tersebut dapat kita hindari sepenuhnya, jadi Anda tidak perlu khawatir lagi, simak ulasannya berikut.

1. Amankan material bangunan

Hal pertama yang harus kita perhatikan bila membangun rumah saat musim hujan adalah pemilihan material bangunan dan tempat penempatannya. Memilih material bangunan yang sesuai tentunya menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Penempatan material bangunan harus mempertimbangkan tingkat sensitivitas bahan bangunan. Ada beberapa bahan bangunan yang tidak bisa terkena air hujan, misalnya saja semen dan kapur yang akan langsung bereaksi jika terkena air. Tempatkan material bangunan yang sensitif terhadap air di tempat yang terlindung terutama dari air hujan namun, tetap dapat dijangkau dengan mudah oleh pekerja bangunan.

2. Cari pekerja yang sudah profesional

Membangun rumah saat musim hujan atau sekedar renovasi sekalipun, harus dilakukan oleh orang/pekerja yang profesional. Hal ini karena pembangunan harus terus berjalan walau sedang hujan jika tidak ingin biaya membengkak. Pekerja profesional biasanya sudah terbiasa dan terlatih dalam melakukan pembangunan di berbagai kondisi cuaca. Hal ini tentunya akan membuat jadwal pembangunan rumah dapat tercapai tepat waktu. Pembengkakan biaya pun akan dengan mudah ditekan. Namun, pekerja profesional tentunya akan mematok harga yang lebih mahal dibandingkan pekerja yang amatir. 

3. Kenakan alat pengaman

Keberadaan alat pengaman sangat dibutuhkan terutama saat membangun bangunan pada musim hujan. Apalagi jika membangun bangunan dua lantai atau lebih. Hujan kerap disertai dengan sambaran kilat berbahaya terutama bagi pekerja yang berada di bangunan tinggi. Pemberian alat penangkal petir pada bangunan akan sangat membantu. Siapkan alat keamanan lengkap seperti penggunaan sepatu boots dan helm keselamatan juga akan membuat pekerja semakin aman saat bekerja.

4. Hentikan pembangunan jika terjadi hujan ekstrem

Walaupun projek yang terus berjalan dapat menekan pembengkakan biaya dan penundaan, namun membangun rumah saat musim hujan ekstrem tidak disarankan. Hal ini karena tingkat kerugian justru akan semakin membengkak dan Anda harus menghitung anggaran membangun rumah sedari awal.

5. Lihat ramalan cuaca

Walaupun ramalan cuaca tidak selalu benar, namun mempercayai ramalan cuaca sebagai bentuk antisipasi tidak ada salahnya. Anda bisa melihat terlebih dahulu apakah cuaca pada hari ini mendukung pembangunan rumah. Hal tersebut akan membantu merencanakan apa yang akan dikerjakan terlebih dahulu saat pembangunan rumah berlangsung.

Membangun rumah saat musim hujan tetap dapat dilakukan jika Anda waspada. Anda dapat mengikuti tips di atas untuk melakukan pembangunan rumah yang nyaman walaupun saat musim hujan tiba. Dengan memperhatikan hal-hal tadi, diharapkan proses pembangunan rumah dapat tetap terlaksana walau dalam musim hujan. Selain itu pemilihan jenis bahan bangunan yang berkualitas tentunya juga sangat berpengaruh. Salah satu bahan bangunan penting yang harus diperhatikan adalah memilih merk semen berkualitas seperti Master Semen Tiga Roda. Semen Tiga Roda telah terpercaya sebagai semen terbaik di Indonesia yang bisa penuhi semua kebutuhan konstruksi Anda!



Berita Lainnya