Ide Membuat Rooftop Dengan Konsep Alam Pada Hunian Anda

26 November 2021 | Hunian Impian | 555 views

Ubah rooftop rumahmu jadi tempat nyaman untuk bersantai. Kebanyakan rooftop di rumah dijadikan sebagai tempat jemuran. Tapi kamu bisa merenovasinya menjadi tempat yang nyaman dengan menerapkan konsep rooftop garden. Sebelum melakukan renovasi, Anda perlu memperhitungkan berbagai bahan material yang dibutuhkan, seperti semen, rangka atau tanaman untuk mempercantik rooftop Anda. Untuk hasil maksimal, pilihlah semen terbaik dengan kualitas yang sudah terpercaya seperti semen Tiga Roda. 

 

Nah, bagi Anda yang ingin merenovasi rooftop rumah Anda atau ingin membuat rooftop di rumah Anda, berikut ini sejumlah contoh rooftop garden yang dapat Anda jadikan inspirasi dalam mendesain rooftop garden.

Rooftop Garden Minimalis dengan Varian Tanaman

 

Inspirasi rooftop garden pertama ini cukup sederhana karena Anda hanya membutuhkan beberapa varian tanaman. Anda bisa menempatkan banyak jenis tanaman yang sesuai dengan kebutuhan. Namun, jangan lupa sesuaikan tanaman tersebut dengan kondisi rooftop yang ada. Jangan sampai pemilihan jenis tanaman yang kurang tepat menjadikan rooftop Anda menjadi sempit dan terasa kurang nyaman.

Selain di dalam rumah, tanaman hias juga bisa digunakan untuk mengubah suasana rooftop supaya menjadi lebih segar, nyaman dan hidup. Bagi Anda yang tidak ingin direpotkan dengan urusan perawatan, Anda bisa mempertimbangkan untuk menempatkan beberapa tanaman dengan perawatan minimalis, seperti jenis kaktus atau jenis euphorbia. Supaya kesan alami dan natural lebih terlihat, Anda dapat menambahkan penggunaan bata merah atau batu alam. Jika memungkinkan, jangan ragu untuk memberikan pohon dengan ukuran yang cukup besar agar suasana lebih teduh.

Rooftop Garden dengan Kolam Renang

 

Tak sedikit orang yang mendambakan rooftop yang dilengkapi dengan kolam renang. Selain terlihat mewah, keberadaan kolam renang akan menambah kesejukan dan keasrian rooftop garden Anda. Namun, untuk bisa mewujudkan keinginan Anda, Anda perlu pertimbangan yang tidak main-main. Mulai dari desain, biaya yang tidak sedikit hingga konstruksi yang baik agar tidak menimbulkan resiko dikemudian hari. Membuat desain rumah 2 lantai dengan rooftop yang dilengkapi kolam renang tidak hanya tentang meletakkan ubin, lalu tinggal mengisinya dengan air. Lebih dari itu, Anda perlu mengkonsultasikan keinginan tersebut dengan ahlinya.

Rooftop Garden Bernuansa Playful

 

Kebanyakan rooftop garden yang ada selama ini hanya mengusung tema minimalis, industrial dan vintage. Maka Anda bisa mempertimbangkan untuk membuat rooftop garden dengan mengadopsi konsep playful. Konsep playful sendiri mengusung kegembiraan, kesenangan dan semangat. Dimana konsep ini mengedepankan keindahan dan keasyikan yang membuat suasana berbeda dari biasanya. Anda bisa menggantung sejumlah hammock atau memanfaatkan dinding rooftop yang kosong untuk dipasang point-point untuk memanjat. Tentunya konsep ini akan membuat rooftop Anda menjadi tempat bermain yang sangat menyenangkan.

Rooftop Garden dengan Gazebo

 

Lokasinya yang berada di bagian atas rumah tidak jarang membuat rooftop terasa panas di waktu siang hari. Selain tanaman hijau yang menghuni rooftop garden, gazebo adalah sebuah solusi terbaik bagi Anda yang ingin bersantai, menghabiskan waktu atau bahkan menerima tamu namun tetap dalam keadaan teduh dan tidak panas. Didukung dengan design rooftop yang minimalis, keberadaan bangunan tanpa sekat ini mampu menghalangi panas sinar matahari dan akan semakin mempercantik rumah Anda yang adem. 

Nah, itulah beberapa ide untuk merenovasi rooftop rumah anda menjadi tempat yang nyaman untuk bersantai dengan memasukkan unsur alam kedalamnya. Selain menentukan desain rooftop garden seperti apa yang Anda inginkan, Anda juga harus mempertimbangkan jenis bahan bangunan yang digunakan. Sangatlah penting untuk memilih kualitas semen terbaik, agar bangunan menjadi lebih awet dan tidak butuh banyak perawatan setelahnya. Master Semen Tiga Roda merupakan merk semen terbaik di Indonesia yang telah berlogo SNI. Percayakan kebutuhan semenmu pada Semen Tiga Roda!

 


Berita Lainnya