Tips Memilih Bahan Bangunan Terbaik Untuk Bangun Rumah Minimalis - Semen Tiga Roda

05 Oktober 2021 | Hunian Impian | 785 views

Salah satu aspek yang sangat penting untuk diperhatikan ketika memutuskan untuk membangun sebuah hunian adalah pemilihan material bangunan. Kenapa? Karena tidak hanya menjadi penentu seberapa kuat sebuah hunian itu berdiri. Namun tentu saja sangat berpengaruh pada tampilannya secara keseluruhan. Selain itu, penggunaan bahan yang berkualitas dipercaya dapat menjadikan rumah lebih mudah didesain. Nah, berikut beberapa tips dalam memilih bahan bangunan terbaik untuk membangun rumah minimalis!

Memilih Merk Semen Terbaik

Semen adalah bahan bangunan utama ketika Anda ingin membangun rumah, tak terkecuali rumah minimalis. Di Indonesia sendiri, sudah ada banyak produk semen yang dipasarkan dengan kualitas semen yang juga berbeda. Tak jarang, perbedaannya hanya terletak pada harga dan reputasi produk semen itu sendiri. Contohnya, untuk harga semen tiga roda berada di kisaran Rp 40.000 - Rp 50.000.
Mengingat kebutuhan akan semen dalam membangun rumah merupakan hal yang utama, tidak ada salahnya membeli produk semen terbaik di Indonesia yaitu Semen Tiga Roda. Ada beberapa cara untuk mengenali semen yang berkualitas, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Tekan kemasan semen

Semen yang masih bagus jika ditekan dari luar kemasan tidak terasa keras, bila ditekan keras itu berarti semen sudah terlalu lama disimpan dan kualitasnya sudah tidak bagus lagi.

  • Periksa semen yang sudah dikeluarkan dari kemasannya

Umumnya semen yang berkualitas baik adalah semen yang seluruh butirannya bisa terurai dan nampak lembut seperti debu, serta tidak menggumpal. 


Memilih Pasir Terbaik

Pasir yang bagus dicirikan dengan bersih dari kandungan lumpur. Apabila pasir masih mengandung lumpur maka akan berdampak pada pemborosan pemakaian bahan bangunan lainnya, terutama semen yang akan digunakan pada saat melakukan pengecoran beton.

Memilih Batu Bata Merah

Bahan bangunan rumah yang tak kalah penting adalah batu bata merah. Bahan bangunan rumah yang satu ini masih banyak diminati karena memiliki struktur yang lebih kokoh dan kuat. Salah satu keunggulan dari batu bata merah adalah dapat membuat rumah terasa lebih sejuk, karena sifatnya yang dapat menyerap panas dengan baik. 

Ciri ciri dari batu bata merah berkualitas adalah memiliki tekstur yang keras, berukuran sedang, dan tidak mudah retak atau pecah. Untuk mengetesnya, Anda cukup mengetuk permukaan batu bata. Jika terdengar suara yang nyaring, maka dapat disimpulkan bahwa batu bata tersebut memiliki kualitas yang baik.

Memilih Kayu Berkualitas

Dalam membangun rumah, Anda juga perlu memperhatikan pemilihan kayu. Cara memilih kayu terbaik, adalah dengan menggunakan kayu yang sudah dioven serta memiliki kadar air di bawah kisaran 20%. Tujuannya adalah untuk menghindari pelapukan di kemudian hari.

Meskipun Anda memiliki budget terbatas, namun pemilihan bahan bangunan merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Oleh karena itu, Anda harus rajin untuk cek harga bahan bangunan, tukang, dan alokasi pendanaan lain. Terutama untuk harga semen, mengingat semen merupakan komponen utama dalam pembangunan rumah. 
 
Salah satu merk semen yang sudah sangat terkenal dan memiliki kualitas yang baik adalah Master Semen Berkualitas Tiga Roda. Harga semen tiga roda juga terbilang cukup terjangkau jika dibandingkan dengan merk lain untuk kualitas premium. Soal kualitas, tidak perlu diragukan lagi, dengan harga semen tiga roda yang terjangkau, semen ini menawarkan hasil tembok yang baik dan bebas dari retak serta tidak gampang terkelupas.

Itulah beberapa tips dalam memilih bahan bangunan untuk membangun rumah minimalis. Yang terpenting saat memilih bahan bangunan adalah sesuai dengan budget Anda. 

 



Berita Lainnya