5 Hal Penting Bangun Konstruksi Rumah yang Kokoh dan Awet

05 Oktober 2021 | Hunian Impian | 562 views

Membangun rumah yang kokoh dan awet bertujuan agar bangunan tidak mudah rusak dan bisa ditempati dalam jangka waktu lama. Maka itu, konstruksi rumah jadi elemen penting dalam berbagai hal. Dimulai dari pemilihan jenis bahan bangunan dan kualitas semen terbaik hingga menentukan rangka yang tepat. Berikut beberapa hal penting yang diperlukan agar bangunan konstruksi rumah tetap kokoh dan awet. 

Menentukan Jenis Pondasi 


Langkah awal dalam membangun konstruksi rumah yaitu dengan memilih jenis pondasi yang tepat. Ada dua jenis pondasi yang paling sering digunakan yaitu pondasi menerus batu kali dan pondasi footplat atau pondasi cakar ayam. Perbedaannya, sebagai berikut: 

Pondasi Batu Kali


Biasa digunakan untuk bangunan satu lantai dengan kedalaman 60-80 cm saja. Fungsinya untuk menopang pemasangan bata dan beban struktur bangunan di atasnya tidak terlalu berat. 


Pondasi Footplat


Sering digunakan untuk bangunan dua lantai. Dibuat dari konstruksi beton bertulang dengan kedalaman 120 cm - 2 m. Pondasi mampu menopang beban struktur cukup berat dari bangunan atasnya. 

Pilar Beton


Pilar beton bisa mempermudah proses pembangunan tembok atau dinding. Tak kalah penting dengan pondasi, pilar beton berfungsi untuk menyalurkan beban dari atas menuju ke bawah secara efektif dan efisien. Pemilihan material yang kuat dan kokoh sangat diperlukan, sehingga campuran beton dan baja sering dimanfaatkan. 

Pilih Kualitas Semen yang Baik 


Mewujudkan rumah kokoh bisa dimulai dari pemilihan kualitas semen yang baik. Ada beberapa jenis semen yang sering digunakan, antara lain semen Portland atau PCC, semen putih, dan semen mortar. Setelah mengetahui masing-masing kegunaan dari jenis semen tersebut, saatnya memilih merk semen berkualitas seperti Master Semen Tiga Roda yang sudah berlogo SNI. 

Mementingkan Bagian Latei


Latei adalah bagian penting dalam konstruksi rumah untuk menjaga kusen dari beban bagian atas. Latei sering berada di bagian atas pintu atau jendela. Meski dengan struktur bangunan yang kuat, bagian latei tetap dibutuhkan terutama saat terjadi gempa bumi. Guncangan pada rumah membuat bagian atas kusen mudah roboh jika tanpa balok Latei. Prosesnya biasa dilakukan dengan memanfaatkan material bata merah atau besi beton dengan tulang. 

Memakai Rangka Atap


Rangka atap atau bisa disebut dengan istilah kuda-kuda, berfungsi sebagai penopang bagian atas rumah untuk kebutuhan atap. Dalam konstruksi rumah modern, biasanya menggunakan jenis bahan bangunan baja ringan. Selain sebagai penentu usia rumah, rangka atap juga bagian dari estetika yang membuat desain rumah menjadi unik. 

Setelah memakai rangka atap yang sesuai, lanjut dengan memperhatikan pemilihan atap. Sebab, atap berguna untuk memberikan perlindungan pemilik rumah dari cuaca terik, hujan, dan sebagainya. Bagian atap tampak luar menjadi elemen yang mampu menonjolkan estetika hunian. Selain dari segi estetika, fungsi dan usia penggunaan adalah hal yang esensial dalam membangun rumah ideal yang kokoh dan awet. 

Demikian lima hal penting yang harus diperhatikan untuk mewujudkan konstruksi rumah kokoh dan awet. Selain memilih jenis bahan bangunan yang tepat, penting juga untuk menentukan kualitas semen terbaik. Bahan bangunan terbaik untuk rumah kokoh bisa dimulai dengan memilih merk semen berkualitas seperti dari Master Semen Tiga Roda. Semen Tiga Roda telah berlogo SNI sehingga bisa penuhi kebutuhan konstruksi Anda! 



Berita Lainnya