Inilah Merk Semen Terbaik dan Berkualitas di Indonesia

23 September 2020 | Hunian Impian | 334 views

Jika bicara tentang bahan bangunan, pasti yang pertama kali terbesit di kepala Anda adalah semen. Semen adalah bahan yang digunakan untuk merekatkan batu, bata, batako, maupun bahan perekat lainnya. Sebutan dari semen berasal dari kata-kata caementum (bahasa Latin), yang artinya "memotong menjadi bagian-bagian kecil tak beraturan".

Merk Semen Terbaik di Indonesia

Dari sekian banyak produsen semen yang ada di Indonesia, salah satu semen terbaik masih dipegang oleh Master Semen Berkualitas Tiga Roda. Semen Tiga Roda adalah material bahan bangunan yang diproduksi oleh PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. yang merupakan salah satu produsen bahan material bangunan semen terbesar di Indonesia. Pabrik semen ini didirikan tahun 1985 dan dioperasikan secara terpadu dengan total kapasitas produksi terpasang sebesar 18,6 juta ton semen per tahun.

Merk semen terbaik Tiga Roda menawarkan berbagai jenis semen yang bisa ANda sesuaikan dengan kebutuhan. Beberapa produk unggulan semen terbaik ini antara lan:

  • Portland Composite Cement (PCC)

Semen Portland Composite Cement (PCC) adalah salah satu produk semen Tiga Roda yang paling favorit. Semen PCC tahan terhadap serangan sulfat sehingga aman untuk bangunan. Semen terbaik ini juga lebih kedap air, permukaan acian juga lebih halus dan ramah lingkungan. 

PCC mempunyai panas hidrasi yang lebih rendah selama proses pendinginan dibandingkan dengan Semen Portland Jenis I, sehingga pengerjaannya akan lebih mudah dan menghasilkan permukaan beton atau plester yang lebih rapat dan lebih halus. Keunggulan lain dari semen terbaik ini adalah material tambahan pozzolan yang ada di dalamnya adalah yang terbaik di Indonesia. 

  • Portland Cement (PC Tipe I, II, dan V)

Portland semen memiliki tekstur berupa serbuk halus yang dihasilkan dari menggiling clinker yang mengandung senyawa kalsium silikat dan gypsum sebagai tambahan. Bahan yang digunakan untuk membuat portland Cement adalah tanah liat, serpih, pasir, bijih besi, bauksit, abu terbang, dan terak. Ketika tanur semen dibakar oleh batu bara, abu batubara bertindak sebagai bahan baku sekunder.

Sifat utama portland cement adalah mudah mengeras jika dicampur dengan air, apabila bentuknya sudah berubah jadi padat maka semen tidak larut karena air, dapat merekatkan benda padat, Semen Tiga Roda memiliki 3 tipe semen portland, yaitu tipe I,II, dan V yang cocok untuk berbagai macam aplikasi beton.

  • Oil Well Cement (OWC)

Oil Well Cement (OWC) adalah jenis semen yang digunakan untuk penyekat pengeboran sumur minyak. Nama lain dari Oil Well Cement adalah semen sumur minyak. Dikarenakan keharusan waktu pemekatan yang ketat, maka OWC diproduksi dengan standar mutu yang ketat sesuai dengan standar API (American Petroleum Institute). Semen ini memiliki ketahanan terhadap kadar sulfat yang tinggi. 

  • Semen Putih

Semen putih adalah jenis semen terbaik bermutu tinggi. Umumnya semen putih digunakan untuk keperluan pekerjaan arsitektur,  precast dan beton yang diperkuat dengan fiber, panel, permukaan teraso, stucco, cat semen, nat ubin atau keramik serta struktur yang bersifat dekoratif.

Terbuat dari bahan baku pilihan dengan kandungan besi yang rendah dan magnesium oksida, semen putih juga bisa digunakan untuk proses konstruksi pada umumnya. Saat ini hanya Tiga Roda satu-satunya produsen semen putih dalam negeri. 

  • TR-30 Acian Putih

Master semen berkualitas ini punya daya rekat yang tinggi dan dapat menghasilkan permukaan acian yang lebih halus. Salah satu produk baru Tiga Roda yang juga populer. Ia mampu menghasilkan acian lebih halus, mengurangi retak, dan terkelupasnya permukaan. Dengan sifat plastis dan daya rekat tinggi, pengerjaannya jadi lebih mudah.

 


Berita Lainnya