3 Ide DIY Membuat Pot Sendiri di Rumah dengan Barang Bekas

09 September 2020 | | 509 views

Hobi berkebun sedang marak di kalangan masyarakat urban. Tren ini bermula sejak terjadinya self quarantine yang digalakkan pemerintah selama pandemi COVID 19. Hobi berkebun tersebut kemudian diikuti dengan hobi lain, seperti membuat barang-barang DIY agar hunian tampak lebih estetik. Salah satunya adalah membuat pot bunga sendiri. Cara membuat pot bunga bermacam-macam. Anda bisa membuat pot bunga minimalis dari beton, rotan, dan lain-lain. 

Karena pot yang diletakkan di lantai sudah umum, bagaimana kalau Anda mencoba mencoba membuat pot gantung supaya tanaman yang di rumah Anda jadi lebih bervariasi. Pot gantung juga bisa jadi alternatif untuk hiasan untuk area rumah yang sempit. Anda bisa memanfaatkan barang bekas untuk membuat pot gantung. Ini dia cara membuat pot gantung dari bahan-bahan bekas.

1. Pot Gantung dari Bekas Sangkar Burung

pot bunga gantung

Anda punya sangkar burung yang tidak dipakai? Anda bisa ubah sangkar ini menjadi sebuah pot tanaman yang cantik. Sangkar burung yang digantung dengan penuh tanaman bisa memberikan kesan rustik atau retro. 

Bahan yang Anda perlukan untuk membuat pot ini adalah sangkar burung dari metal, media tanam potting mix, lembaran sabut kelapa, dan tanaman.

Cara membuat pot ini yang pertama bersihkan sangkar burung lebih dulu kemudian cat dengan nuansa warna yang diinginkan. Kemudian campurkan tanah potting mix dengan pupuk, lapisi sangkar dengan lembaran sabut kelapa supaya tanah tidak berjatuhan dari sangkar. Kemudian masukkan bibit tanaman secara hati-hati dalam sangkar tersebut. 

2. Pot Gantung Dari Bekas Botol Lotion

post gantung dari botol

Pot bunga buatan sendiri ini bisa menggunakan bahan bekas berupa botol lotion yang sudah tak lagi terpakai. Botol lotion yang digunakan di sini dengan ukuran besar seperti bekas botol lotion Citra, Dove, atau Nivea. Anda juga bisa digunakan botol shampoo atau sabun cair putih untuk membuat pot minimalis ini.

Yang pertama harus dilakukan adalah mencuci botol bekas. Kelupas label dari permukaan botol kemudian bersihkan dengan kapas dan alkohol supaya sisa label tidak menempel. Potong bagian atas botol secara horizontal atau diagonal. Lubangi pot botol dengan pelubang kertas ataupun dengan paku yang dipanaskan. Ikat tali tambang pada kedua lubang tersebut agar botol bisa digantung. Langkah terakhir adalah mengisi botol dengan tanah dan tanaman. 

3. Pot Gantung Dari Bahan Tempurung Kelapa

pot gantung dari kelapa

Tempurung kelapa bisa juga dimanfaatkan untuk media pot bunga buatan sendiri. Daripada membuang tempurung kelapa yang sudah tua dan kuat, sebaiknya gunakan saja sebagai media pot gantung. 

Cara membuat pot dari tempurung kelapa adalah dengan menyiapkan bahan berupa setengah batok kelapa tua, 4 buah tambang kecil 75cm, 4 buah manik-manik kayu, cat akrilik, ring gantungan kunci, tanah, kaktus, dan washi tape

Untuk kamu yang suka dengan kesan alami bisa membiarkan batok kelapa tanpa cat dengan warna alami. Hanya perlu lapisi dengan pernis supaya mengkilap. Setelah menghias batok selesai, maka buatlah satu lubang di dasar tempurung dan 4 lubang di bagian tepian. Masukkan tambang di tiap lubang, masukkan manik-manik di setiap talinya. Setelah semua tali dimasukkan, ambil ring gantungan kunci untuk menyatukan. Isi batok kelapa dengan tanah dan tanaman kaktusmu. 

Selain membuat pot bunga buatan sendiri dari bahan bekas, Anda juga bisa membuat perabot kursi dari bahan bekas pula dengan memanfaatkan bak bekas misalnya. Cara membuat kursi dari ban bekas juga relatif mudah, Bagaimana, tertarik untuk mencoba DIY pot gantung ini?

 


Berita Lainnya