7 Bahan Bangunan Terbaik Rumah di Tahun 2020

16 Juli 2020 | Hunian Impian | 1243 views

Pemilihan material bahan bangunan terbaik adalah hal yang penting untuk diperhatikan sebelum Anda memutuskan untuk merancang sebuah konstruksi bangunan, terutama bangunan rumah. Karena jenis bahan bangunan terbaik dapat mempengaruhi kualitas sebuah bangunan dan juga anggaran pembuatan bangunan. 

Oleh karena itu, setidaknya Anda memahami jenis-jenis bahan bangunan apa saja yang digunakan untuk pembangunan, sehingga Anda juga bisa memilih material yang benar-benar berkualitas sesuai dengan budget. Bagi Anda yang tengah berencana untuk melakukan pembangunan dalam waktu dekat, berikut daftar bahan bangunan terbaik untuk rumah di tahun 2020. 

1. Semen

Material banguan terpenting untuk membangun rumah adalah semen. Bisa dikatakan semen menjadi bahan penentu kualitas sebuah bangunan. Semen digunakan untuk perekat batu bata sehingga dapat menghasilkan dinding yang kokoh. Selain sebagai perekat batu bata, semen juga dapat digunakan sebagai alat perekat bahan bangunan lain, seperti keramik. Semen yang baik biasanya mudah terurai ketika dipegang, layaknya debu yang tidak menggumpal. Semen terbaik yang bisa Anda pilih adalah Tiga Roda,. Ada banyak semen tiga roda yang bisa Anda pilih tergantung grade dan kebutuhannya. 

2. Besi Beton

Bahan bangunan selanjutnya yang tak kalah penting adalah besi beton. Besi beton berfungsi sebagai rangka dari konstruksi rumah. Umumnya besi beton ini memiliki ukuran 10mm hingga 12m. Besi beton juga biasa dikenal dengan beton bertulang yang mengandung komposisi kimia seperti carbon, sulphur, phosphorus dan biji besi. 

Jenis besi beton yang biasa digunakan untuk bahan bangunan seperti beton ulir, beton polos, besi hollow, besi siku, besi wide flange (WF) dan besi h-beam. Sebaiknya, Anda memilih besi beton sesuai dengan kebutuhan dengan kualitas standar SNI. Pilih besi beton yang tidak memiliki lipatan, retakan, gelombang, dan juga serpihan. 

Salah satu besi beton yang banyak digunakan adalah jenis TARIK ukuran 6mm meter dengan kisaran harga Rp42.000. Ada pula besi beton dengan diameter 8 mm seharga Rp60.000. Adapun besi beton 16 TJ SNI polos berukuran 15,5 mm Rp155.000.

3. Kayu

Kayu banyak digunakan untuk membuat berbagai bagian dalam rumah, seperti kusen pintu, jendela, rangka atap, dan lain sebagianya. Ada banyak jenis kayu yang bisa Anda gunakan sebagai bahan bangunan, seperti kayu jati, kayu merbau, kayu kamper, kayu bangkirai, kayu kelapa dan kayu meranti merah. 

Salah satu keunggulan kayu untuk dijadikan bahan bangunan mentah adalah teksturnya yang mudah dipaku, solid, tahan lama, relatif murah, kedap suara, dan tahan terhadap listrik. Jenis kayu sebagai bahan bangunan terbaik adalah kayu Meranti dan kayu Kamper dengan kisaran harga Rp10.000 hingga Rp180.000 tergantung ukuran dan bagiannya, 

4. Paku

Meski kecil, paku adalah bangunan yang tak boleh ditinggalkan. Paku berfungsi untuk menyambungkan kayu dan triplek. Bahan bangunan dari logam baja ini terdiri dari berbagai variasi, ada yang berukuran 2cm hingga 12cm. Paku dengan ukuran 2cm hingga 3 cm umumnya digunakan untuk memaku jenis balok yang tebal. Jenis paku juga berbeda tergantung fungsinya, mulai paku payung, paku beton, paku seng, dan paku payung. Cara memilih paku berkualitas adalah dengan melihat bentuknya yang bulat, tidak berkarat, permukaan paku tidak baret dan juga tidak bengkok. Kisaran harga paku beton Rp38.000 per kg sedangkan paku beton Rp36.000 per kg. 

5. Batu Bata

Keberadaan batu bata sebagai bahan bangunan sama pentingnya dengan semen. Batu bata juga banyak jenisnya, antara lain bata merah, batu bata batako, batu bata hebel, batu bata berlubang dan batu bata purpose made. 

Cara memilih batu bata yang baik untuk dinding adalah dengan perhatikan ukuran dan bentuknya, Misalnya saja batu bata merah memiliki prisma segi empat, warnanya rata, dan dapat menyerap air, tidak mudah hancur, serta memiliki suara benturan yang gemerincing. Beberapa pilihan bata terbaik seperti Batu Bata ringan (per meter persegi) senilai Rp650.000, 

6. Triplek

Selain kayu, triplek adalah bahan bangunan rumah yang banyak fungsinya. Umumnya triplek digunakan untuk menutup langit-langit atau plafon rumah. Triplek atau bisa disebut juga sebagai kayu lapis ini termasuk bahan bangunan terbaik yang murah. Adapun jenis triplek yang banyak digunakan sebagai bahan bangunan terbaik adalah melaminto, medium density fiberboard (MDF), teakblock, blockboard atau meranti multiplek dan particle board. Harga triplek terbaru berkisar Rp62.500 sampai Rp230.000.

7. Pasir

Pasir adalah bahan mentah yang biasanya digunakan untuk plesteran dinding, campuran pembuatan batako dan bahan campuran lainnya. Pasir yang bagus sebagai bahan bangunan biasanya memiliki tekstur yang lebih kasar dengan batuan lebih besar. Jenis pasir pun berbeda-beda, mulai dari pasir merah, pasir elod, pasir pasang, pasir beton dan pasir sungai. Umumnya pasir sebagai bahan bangunan terbaik adalah jenis pasir merah dan pasir beton. Kisaran harga pasir beton Rp320.000 per meter persegi, pasir biasa Rp300.000 per meter persegi, sedangkan pasir mundu Rp310.000 per meter persegi.



Berita Lainnya