5 Tips Penting Memilih Jenis Bahan Bangunan Rumah

10 Juli 2020 | | 667 views

Apakah Anda sedang merencanakan untuk membangun rumah dalam waktu dekat? 

Tentu saja membangun rumah sendiri butuh banyak pertimbangan yang matang. Yang terpenting, Anda membutuhkan wawasan mengenai bahan bangunan yang berkualitas. Karena dengan mengetahui jenis bahan bangunan yang berkualitas, maka ketahanan hunian Anda nanti jauh lebih terjamin. Untuk menghindari salah pilih atau salah beli bahan bangunan, yuk simak tips memilih jenis bahan bangunan berikut ini!

1. Tips memilih semen yang berkualitas 

Semen adalah bahan bangunan utama yang sangat penting untuk membuat pondasi, seperti plesteran, acian, hingga pemasangan keramik. Semen berkualitas baik yang ideal memiliki tekstur yang lembut. Selain itu butirannya dapat terurai dan lembut ketika disentuh.

Sebaiknya hindari membeli semen yang sudah mulai menggumpal, atau terasa keras. Anda bisa pilih semen bermerek yang sudah banyak dikenal orang. Seperti Semen Tiga Roda misalnya, pasalnya semen jenis ini sudah sering digunakan oleh para kontraktor bangunan untuk membuat berbagai jenis bangunan. 

2. Pilih pasir yang bagus

Selain semen, pasir juga menjadi kebutuhan penting dalam proses pembangunan rumah. Ciri-ciri pasir berkualitas ditandai dengan rendahnya kandungan lumpur. Setidaknya pasir yang bagus memiliki kandungan lumpur kurang dari 5%. Lumpur yang bercampur dengan pasir bisa membuat ikatan semen dan pasir jadi tidak lagi kuat. 

Salah satu cara menandai pasir yang berkualitas adalah dengan mengambil segenggam pasir kemudian genggam dengan erat. Pasir yang bagus akan terasa tajam di telapak tangan dan tidak akan menggumpal. 

3. Memilih batu untuk pondasi

Jenis bahan bangunan terbaik ketiga yang tak kalah penting adalah batu. Batu yang baik untuk pondasi adalah batu belah, dimana batu ini merupakan hasil dari pecahan batu bulat yang berukuran besar. Batu belah ini ada yang berupa batu hitam atau batu putih kecoklatan. Batu ini biasanya didapat dari daerah sekitar gunung berapi aktif atau di kawasan perbukitan. Alasan mengapa batu belah bagus untuk pondasi karena bentuk belahannya yang saling mencengkeram kuat satu sama lain. 

4. Memilih kayu yang kokoh

Kayu adalah salah satu jenis bahan bangunan penting dalam pembangunan rumah. Kayu berfungsi sebagai bahan kaso, kusen, pintu, penyangga kaca jendela, dan juga batang jendela. Ada banyak jenis kayu yang dijual di pasaran, sehingga Anda harus teliti memilih kayu yang tepat.

Kayu berkualitas baik memiliki kadar air di bawah kisaran 20% dan cukup kuat menahan beban ataupun getaran tumbukkan yang mendadak. Selain itu, kayu tersebut juga harus tidak mudah rusak dan cukup kuat untuk mengambil beban. Jenis kayu ini dapat mengurangi resiko pelapukan dan tidak mudah aus akibat proses mekanik. 

5. Gunakan batu bata dengan tekstur keras

Jenis bahan bangunan ini masih menjadi favorit yang digunakan sebagai struktur utama dinding, pagar, atau elemen bangunan lainnya. Jenis batu bata yang umum digunakan terbuat dari tanah liat yang dibakar sehingga memiliki warna merah kecoklatan. 

Mengenali batu bata yang berkualitas sangatlah mudah, Anda cukup ketuk-ketuk bagian permukaan batu bata, dengarkan bagaimana suara yang dihasilkan. Batu bata yang berkualitas akan mengeluarkan suara nyaring saat diketuk. Kemudian saat diangkat juga terasa ringan dengan pori-pori yang padat. Anda juga bisa melakukan tes dengan merendam di dalam air selama 24 jam, jika batu bata tersebut berkualitas maka tidak menyerap lebih dari sepersepuluh jumlah air rendaman. 

Demikian 5 tips penting yang harus Anda perhatikan saat memilih bahan bangunan berkualitas untuk membangun rumah. Jangan lupa sebelum memilih bahan, pikirkan juga anggaran yang diperlukan.



Berita Lainnya