Inilah 5 Jenis Master Semen Berkualitas Dengan Master Tech Formula

29 Juni 2020 | Gaya Hidup | 431 views

Semen adalah salah satu bahan utama yang dibutuhkan dalam membangun berbagai jenis konstruksi. Mulai dari rumah, gedung, jembatan. Hingga stasiun MRT, semuanya membutuhkan semen. Semen memiliki warna keabuan dengan bias biru dengan tekstur yang halus. Bagi orang awam, warna semen yang rata-rata mirip membuat mereka berpikiran jika semua semen sama baiknya. Padahal master semen berkualitas Tiga Roda dibuat dengan Master Tech Formula yang akan membuat konstruksi bangunan senantiasa kokoh. 

Supaya Anda tak lagi bingung dalam memilih semen berkualitas, berikut jenis master semen berkualitas Tiga Roda yang bisa dijadikan sebagai referensi. Dengan mengetahui jenis semen yang tepat, Anda akan lebih mudah mencocokkan dengan jenis konstruksi yang akan Anda bangun.

1. Portland Cement (PC)

Semen Portland milik Tiga Roda terbagi lagi menjadi beberapa jenis yaitu Portland Cement (PC) Jenis I, Portland Cement (PC) Jenis II dan Portland Cement (PC) Jenis V. Ini adalah jenis semen yang cocok digunakan untuk berbagai jenis konstruksi bangunan. 

Semen Portland Jenis II adalah jenis semen yang cocok untuk berbagai macam aplikasi beton jika Ada membutuhkan daya tahan baik terhadap kadar sulfat sedang. Semen jenis ini banyak ditemukan pada konstruksi yang ada di daerah berkadar sulfat sedang seperti daerah rawa dan bangunan-bangunan tepi pantai.

Sementara Semen Portland Jenis V cocok digunakan sebagai konstruksi dengan kebutuhan daya tahan yang baik terhadap kadar sulfat yang tinggi. Misalnya saja di daerah-daerah rawa dengan keasaman tinggi, dermaga, bendungan, pondasi jembatan, silo bahan-bahan kimia dan lain-lain.

2. Semen Portland Komposit (PCC)

Semen Portland Komposit (PCC) terdiri dari beberapa unsur yaitu terak, gypsum, dan bahan anorganik. Semen ini punya keunggulan mudah pengolahannya, kedap air, tahan sulfat, dan tidak mudah retak.

PCC (Portland Composite Cement) umumnya digunakan untuk membuat konstruksi bangunan pada umumnya. MIsalnya saja campuran pada konstruksi beton umum, pasangan batu bata, beton pracetak, beton pra tekan, paving block, plesteran, dan lain-lain. PCC mempunyai panas hidrasi yang lebih rendah selama proses pendinginan dibandingkan dengan Semen Portland Jenis I, sehingga pengerjaannya akan lebih mudah dan menghasilkan permukaan beton atau plester yang lebih rapat serta lebih halus.

3. Oil Well Cement (OWC)

Oil Well Cement (OWC) adalah jenis semen yang digunakan untuk penyekat pengeboran sumur minyak. Nama lain dari Oil Well Cement adalah semen sumur minyak. Dikarenakan keharusan waktu pemekatan yang ketat, maka OWC diproduksi dengan standar mutu yang ketat sesuai dengan standar API (American Petroleum Institute). Semen ini memiliki ketahanan terhadap kadar sulfat yang tinggi. 

4. Mortar TR-30 Acian Putih

Master semen berkualitas ini punya daya rekat yang tinggi dan dapat menghasilkan permukaan acian yang lebih halus. Ini termasuk produk baru Tiga Roda yang sangat sesuai untuk Acian. Salah satu keuntungan memakai Mortar TR30 Acian Putih, Anda mampu menghasilkan permukaan acian yang lebih halus, mengurangi retak dan terkelupasnya permukaan. Ini karena Mortar TR-30 memiliki sifat plastis dengan daya rekat tinggi, cepat dan mudah dalam pengerjaan. Pemakaiannya juga hemat dan dapat digunakan untuk permukaan beton. 

5. Duracem

Duracem merupakan semen Portland yang memanfaatkan slag dari industri baja sebagai salah satu bahan bakunya. Duracem sangat ramah lingkungan dan punya ketahanan jangka panjang sehingga sangat direkomendasikan untuk pengerjaan proyek dermaga, bendungan, dan mass concrete.

 


Berita Lainnya