6 Cara Agar Bisa Tetap Menjalin Kebersamaan Selama Social Distancing

28 Mei 2020 | Gaya Hidup | 905 views

Kegiatan di rumah saja atau mengisolasi diri selama pandemi Covid-19 ini membuat kehidupan sosial semua masyarakat Indonesia turun drastis. Penyebaran Covid-19 ini bukan hanya berdampak bagi kesehatan fisik saja tetapi juga kesehatan mental masyarakat Indonesia. Minimnya aktivitas di luar rumah akibat social distancing ini menyebabkan gangguan mental seperti kesepian, stress, hingga depresi.

Sejatinya bersosialisasi adalah salah satu kebutuhan dasar manusia. Karena adanya interaksi dengan orang lain dapat menimbulkan perasaan aman dan bahagia. Namun karena adanya social distancing dan juga self isolation, kegiatan bersosialisasi tidak dapat dilakukan seperti biasanya. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan supaya tetap bisa bersosialisasi di tengah virus Covid-19. 

1. Telepon dan video call

Di zaman yang serba teknologi ini, sosialisasi bisa dilakukan bukan hanya dengan bertemu secara langsung, tetapi bisa dilakukan secara online. Jangan segan-segan untuk menelepon atau video call teman maupun keluarga hanya sekedar menanyakan bagaimana kondisi mereka ketika wabah Covid-19 ini terjadi. Kemungkinan besar, mereka pasti juga butuh teman karena sedang kesepian selama karantina. 

Jika Anda merasa rindu melihat wajah sahabat atau kerabat bisa memilih opsi video call. Saat ngobrol, jangan hanya membahas tentang wabah Covid-19 saja tetapi cobalah mencari topik yang lebih ringan supaya mampu menyalurkan energi positif yang saat ini dibutuhkan setiap orang. Anda juga bisa menceritakan kejadian-kejadian lucu yang menimbulkan gelak tawa. 

2. Melakukan kegiatan online

Jika biasanya Anda bisa berkumpul bersama teman dengan cara nongkrong di coffee shop atau kedai kopi. Saat wabah Covid-19 ini kegiatan tersebut masih bisa Anda lakukan kok dengan cara online. Nongkrong masih bisa seru-seruan lewat Zoom, Skype, atau Google Hangout. Yang Anda perlukan hanya koneksi internet, aplikasi dan juga secangkir kopi di depan layar laptop masing-masing. Cobalah untuk mencari kegiatan yang lebih kreatif secara online. 

3. Main game online

Dengan kecanggihan developer game dan juga smartphone yang Anda miliki, saat ini game dapat dilakukan secara online bersama teman-teman. Ada banyak game yang memang diciptakan agar dapat digunakan secara team atau berkelompok. Contohnya PUBG, yang saat ini banyak sekali dimainkan oleh para pecinta game di Indonesia. 

4. Olahraga bersama secara virtual

Menjaga kesehatan selama pandemi Covid-19 wajib hukumnya. Salah satu cara menjaga kesehatan selama pandemi Covid-19 ini adalah dengan rutin berolahraga. Sayangnya kegiatan menyehatkan satu ini kerap kali enggan dilakukan banyak orang dengan alasan tidak ada waktu. Selama social distancing yang membuat waktu Ana di rumah lebih panjang tidak ada salahnya melakukan kegiatan olahraga secara virtual bersama teman dengan aplikasi Google Hangout atau Zoom. Anda bisa pilih waktu pagi atau sore hari kemudian memilih jenis olahraga yang ingin dilakukan bersama, misalnya saja zumba, yoga, atau body workout. 

5. Memanfaatkan media sosial

Media sosial bukan hanya dapat digunakan untuk update status atau cek kondisi terkini yang terjadi di lingkungan sekitar. Anda bisa memanfaatkan media sosial sebagai salah satu sarana hiburan. Sebut saja TikTok yang saat ini tengah hits di kalangan masyarakat selama social distancing. TikTok menghadirkan banyak fitur yang dapat membuat Anda jadi lebih kreatif. Misalnya saja, Anda bisa membuat janji dengan tema-teman melalui Whatsapp Group untuk bermain ikut challenge ini bersama, tentukan waktu yang tepat supaya semua semua teman bisa ikut dan challange Anda jadi lebih ramai.



Berita Lainnya