4 Cara Sederhana Untuk Menginspirasi Orang Lain Melalui Sosial Media

18 Mei 2020 | Gaya Hidup | 1092 views

Sosial media, saat ini menjadi salah satu platform yang paling banyak digunakan di dunia. Apalagi saat social distancing ini, pengguna sosial media semakin meningkat pesat. Social media juga digunakan sebagai salah satu sarana untuk berkomunikasi dengan orang lain tanpa ada batasan jarak dan waktu. Selain sarana komunikasi, social media juga kerap kali dijadikan sebagai tempat untuk berbagi inspirasi. Melalui sosial media Anda bisa memberikan banyak hal positif kepada orang lain dengan cara-cara sederhana. Berikut beberapa hal positif yang bisa Anda lakukan untuk menginspirasi orang lain di sosial media selama masa social distancing

1. Berbagi semangat dan inspirasi hidup

Kondisi pandemi Covid-19 yang penuh ketidakpastian ini membuat banyak orang lebih cepat stress, kesepian, hingga depresi. Banyak orang butuh dukungan hidup dari sesama dengan hal yang sederhana. Anda bisa menyuntikkan semangat hidup dan juga motivasi untuk orang lain melalui sosial media. Posting saja quote-quote penyemangat hidup atau cerita yang mampu menggugah hati orang lain untuk terus berjuang meski dalam kondisi terburuk. Jika ada orang lain yang tersenyum saat membaca postingan Anda, itu berarti secara tidak langsung Anda sudah ikut beramal, bukan?

2. Mengajak untuk berbuat kebaikan

Social media juga bisa menjadi salah satu sarana yang sangat ampuh untuk berlomba menebar kebaikan. Terlebih ketika pandemi Covid-19 ini. Sudah banyak sekali contoh yang bisa diambil seperti donasi untuk para tenaga medis maupun korban Corona yang dilakukan oleh para influencer. Sebut saja Rachel Venya yang berhasil mengumpulkan donasi hingga Rp7,5 miliar melalui sosial media untuk PMI. Rachel Venya mengajak para followernya untuk ikut berdonasi sembari menebar kebaikan di tengah pandemi Covid-19 ini. 

3. Mempromosikan bisnis atau event

Tidak dipungkiri jika selama pandemi Covid-19 ini banyak bisnis yang tumbang dan banyak juga pegawai yang di PHK. Sosial media dapat dimanfaatkan sebagai sarana promosi bisnis atau event yang akan Anda atau rekan Anda selenggarakan. Anda bisa membantu teman-teman yang tengah kesulitan finansial maupun pekerjaan ini mempromosikan bisnis atau usaha mereka. 

Misalnya saja teman Anda beralih profesi dengan menjual makanan, maka Anda bisa membantu mempromosikan melalui Facebook, Twitter, Instagram, atau bahkan LINE mengenai barang dagangan mereka. Dengan melakukan pemasaran via sosial media, bisnis Anda bisa menjangkau orang lebih banyak sehingga kemungkinan dikenali orang lain juga lebih tinggi. 

4. Berbagi Ilmu dan hobi

Tidak semua orang memiliki kemampuan untuk belajar ilmu baru melalui instansi formal. Karenanya, Anda bisa mencoba berbagi ilmu yang selama ini sudah dimiliki melalui sosial media. Selain berbagi ilmu atau wawasan, Anda juga bisa berbagi tentang hobi yang tengah ditekuni. Misalnya saja Anda punya keahlian memasak, tidak ada salahnya berbagi resep atau cara memasak suatu makanan yang diminati banyak orang. 

Siapa tahu resep serta tutorial memasak ini dapat dijadikan ide bisnis oleh orang lain dan menjadi sarana baru untuk memperoleh pendapatan. Anda bukan hanya mendapatkan pahala, tetapi juga kepuasan tersendiri ketika berhasil membantu orang lain terbebas dari kondisi yang susah. Ingat, berbagi ilmu itu termasuk ibadah loh!

Itulah beberapa hal positif dan juga produktif yang dapat Anda lakukan melalui media sosial selama masa pandemi Covid-19. Kegiatan-kegiatan tersebut memang terbilang sederhana, akan tetapi dapat memberikan inspirasi untuk banyak orang. Teknologi bisa menjadi berkah bagi umat manusia jika digunakan dengan cara yang tepat. Sharing is caring!

 


Berita Lainnya