Cara Membuat Pot Bunga Unik dengan Handuk Bekas

20 Maret 2020 | Gaya Hidup | 4271 views

Halo Sahabat Tiga Roda, pot bunga biasanya adalah menjadi salah satu barang yang dapat mempercantik rumah Anda. Apalagi kalau pot bunga tersebut unik dan terbuat dari bahan bekas yang mudah ditemui di rumah.

Salah satu pot bunga yang unik dan sangat mudah Sahabat Tiga Roda praktekkan pembuatannya di rumah adalah pot bunga yang terbuat dari bahan dasar handuk bekas dan semen.

Bahan dan cara pembuatannya tidak rumit dan relatif cepat. Mari siapkan alat dan bahannya dan simak cara membuat pot bunga unik dengan handuk bekas berikut ini.

Bahan :

1. Handuk bekas, bisa handuk besar atau sedang atau kecil. Handuk bekas besar bisa dipotong menjadi kecil juga, tergantung rencana seberapa besar pot bunga yang akan dibuat itu.

2. Semen putih.

3. Sarung tangan, lebih bagus yang terbuat dari karet.

4.Pengaduk semen

5. Wadah adonan semen yang akan diencerkan dengan air

6. Pot kecil, yang akan bergungsi sebagai cetakan utamanya

7. Pasir kasar

Adapun setelah Sahabat Tiga Roda mengumpulkan semua bahannya, berijut tata cara pembuatannya;

1. Siapkan adonan semen dalam wadah yang juga telah disiapkan tadi. Disarankan menggunakan sarung tangan karet ketika mulai membuat adonan semen.

2. Masukkan semen ke dalam wadah sebanyak dua cangkir atau sesuai selera, kemudian dicampur dengan satu cangkir air. Ukuran bisa berubah sesuai selesai, namun tetap dengan perbandingan 2 : 1.

3. Tambahkan sedikit pasir kasar, lalu aduk aduk hingga merata. Kalau adonannya tidak terlalu encer dan padat  berarti adonannya bagus.

4. Kemudian, masukkan handuk bekas tadi ke dalam adonan. Sebelumnya jangan lupa basahin terlebih dahulu handuknya  agar adonan  semen benar-benar meresap ke dalam handuk.

5. Celupkan handuk ke dalam adonan semen sampai seluruh permukaannya tertutup sempurna oleh adonan semen.

6. Jangan lupa untuk melubangi handuk untuk jalan pembuangan air nantinya, pada pot yang akan dihasilkan nanti itu

7. Setelah handuk dicelupkan ke adonan semen tadi, lalu jangan diperas adonan semen yang telah menempel di handuk tersebut.

8. Lalu, untuk membentuknya menjadi pot unik, balikkan pot kecil yang jadi bahan tadi, kemudian letakkan handuk yang telah tercelup semen semua itu di atas pot kecil tadi.

9. Lalu tinggal atur dan sesuaikan bentuk desain pot unik yang Sahabat Tiga Roda inginkan.

10. Keringkan handuk penuh semen yang telah dibentuk tadi dan hindarkan dari terkena air hujan. Kalau kondisi saat hujan, pengeringan bisa di dalam rumah. Rata-rata hanya satu hari - tiga hari. Pastikan benar-benar kering.

11. Setelah kering, lepaskan handuk bersemen tersebut dari pot, dan bisa langsung dipakai sebagai pot bunga. Jika ingin menambah cantik pot milik Sahabat Tiga Roda, bisa dilakukan juga pengecatan dengan akrilik.

Bagaimana Sahabat Tiga Roda, mudah bukan pembuatannya?

Selain lebih unik, penggunaan handuk bekas juga dapat mendorong penggunaan barang bekas untuk menjadi benda yang lebih bermanfaat. Yuk praktekkan di rumah.



Berita Lainnya