Ternyata Semen Putih dan Gabus Ampuh Atasi Atap Bocor

28 Februari 2020 | Gaya Hidup | 4075 views

Sahabat Tiga Roda, saat musim penghujan, salah satu masalah yang tidak jarang kita baru sadari adalah adanya tetesan air dari atap rumah karena ternyata atap atau genteng rumah kita bocor.

Pada tips sebelumnya, ada tiga material yang mudah didapatkan Sahabat Tiga Roda untuk menambal genteng bocor, yakni semen putih, Styrofoam atau gabus, dan cat pelapis anti bocor.

Sekarang, Sahabat Tiga Roda akan mengetahui tata cara penggunaan semen putih dan gabus guna mengatasi atap genteng bocor.

             1. Semen Putih

Caranya : Siapkan peralatan yang diperlukan, seperti semen putih, kaleng bekas untuk wadah, ampelas, scrap, dan air.

Setelah semua siap, mulailah mencampurkan semen putih dengan air sesuai petunjuk penggunaan pada kemasan ke dalam wadah kaleng bekas. Aduk hingga merata. 

Lalu, bersihkan terlebih dahulu genteng yang akan ditambal dengan amplas. Setelah bersih, oleskan adonan semen tadi menutupi celah-celah atau retakan pada genteng yang bocor. 

Biarkan hingga mengering. Cara ini biasanya bisa bertahan hingga 2-3 tahun.

2. Styrofoam atau gabus

Styrofoam bekas biasanya mudah didapat saat kita membeli barang elektronik.

Caranya : 

Siapkan peralatan yang diperlukan antara lain, styrofoam, kaleng bekas untuk wadah, ampelas, kuas, dan bensin. 

Potong styrofoam menjadi kecil-kecil lalu masukkan kedalam wadah kaleng, kemudian tuangkan bensin secukupnya.

Bensin berfungsi untuk melarutkan styrofoam menjadi bentuk cairan kental, dan aduk hingga merata. Siapkan genteng yang akan ditambal dengan terlebih dahulu dibersihkan dengan amplas. 

Setelah itu oleskan cairan styrofoam tadi dengan kuas pada permukaan genteng yang retak atau bocor, lalu biarkan hingga mengering.

Namun demikian, sejumlah cara ini hanya bisa diberlakukan pada genteng dengan kondisi retak, bolong atau bocor yang kecil saja.

 

Bagaimana Sahabat Tiga Roda, mudah bukan? Selamat mencoba.



Berita Lainnya