Mengulik Pentingnya Aksesori Engsel

21 Oktober 2019 | | 358 views

Apakah Sahabat Tiga Roda pernah menemukan jendela di rumah seringkali bermasalah akibat kualitas engsel yang tidak baik? Jika Sahabat Tiga Roda seringkali menemukan masalah seperti di atas, maka sudah saatnya mengetahui ragam engsel yang baik.

Sahabat Tiga Roda perlu memahami bahwa pemilihan jenis engsel dan aksesori yang tepat bukan hanya dapat meningkatkan nilai desain, tetapi juga keamanan dan kenyamanan di dalam rumah.

Fungsi engsel pada jendela adalah sebagai alat untuk mengatur bukaan daun jendela. Secara umum terdapat tiga jenis engsel yakni engsel kupu-kupu, engsel friksi dan engsel pivot.

Pertama, engsel kupu-kupu merupakan jenis engsel yang umum digunakan pada semua tipe jendela rumah. Engsel ini memiliki dua sayap dan as sebagai sumbu putar. Kedua sayap ini menempel pada daun dan kusen jendela. As berfungsi sebagai sumbu ikat dan putar untuk membuka dan menutup daun jendela.

Namun, Sahabat Tiga Roda perlu cermat mengingat engsel ini memiliki kelemahan pada bagian as yang terletak pada bagian luar rumah. Hal ini seringkali menjadikan engsel mudah dibongkar dari luar dan daun jendela akan dengan mudah dilepas. Selain itu, as yang menonjol seringkali mengganggu pada desain.

Kedua,  engsel friksi menggunakan sistem gesekan dalam mengatur bukaan daun jendela sehingga tidak perlu lagi menyangga daun jendela dengan hak angin. Hal ini menyebabkan daun jendela dapat dibuka dengan lebar bukaan sesuai keinginan. Ensel ini cocok jika Sahabat Tiga Roda memiliki jendela dengan sistem pengungkit.

Ketiga, engsel pivot memiliki sistem pengikat yang berbeda. Engsel ini mengikat daun jendela pada kusen di sisi horizontal dan di bawah daun jendela. Setiap bagiannya mesti dipasang pada satu garis tegak lurus terhadap bidang bawah dengan presisi. Daun jendela dapat Sahabat Tiga Roda buka dengan berputar kedua arah.



Berita Lainnya