Teknik Cat Jendela Dengan Hasil Paripurna

01 Oktober 2019 | Gaya Hidup | 154 views

Sahabat Tiga Roda pasti kesal jika menemukan cat jendela yang diharapkan dapat memberikan tampilan dan suasana baru ternyata tidak sesuai harapan. Cara mengecat yang sembrono menimbulkan banyak risiko kekecewaan sekaligus boros pada penggunaan cat.

Padahal jika Sahabat Tiga Roda mengetahui teknik sederhana untuk mengecat jendela. Cara mengecat jendela sama dengan cara mewarnai tembok. Namun, meskipun kelihatan mudah, cara mengecat tetap perlu perhatian agar hasilnya dapat maksimal.

Sebelum Sahabat Tiga Roda melakukan pengecatan, maka perlu menggunakan cat dasar agar kualitas cat yang disapukan pada jendela lebih maksimal. Sebelum mengoleskan cat dasar, Sahabat Tiga Roda perlu mencermati material yang digunakan untuk jendela.

Pada pengecatan bahan kayu, maka perlu lapisan pertama diperlukan untuk menutup pori-pori, dan ditambah dengan plamir untuk menutup gompel pada kayu. Intinya, Sahabat Tiga Roda perlu mengetahui dengan benar material jendela.

Selain itu, ada hal yang tidak kalah penting adalah pemilihan kuas cat yang baik. Pastikan Sahabat Tiga Roda menggunakan kuas yang berbahan serat atau bulu yang tidak mudah lepas dan penuh. Jika Sahabat Tiga Roda ingin menorehkan warna cat yang berbeda, maka gunakan kuas yang berbeda agar warna tidak tercampur.

Secara umum, tahap pewarnaan dilakukan dengan beberapa tahapan, yakni:

  1. Bersihkan kayu dengan menggunakan amplas pada seluruh permukaannya. Langkah ini juga harus dilakukan dengan materi lain. Jika besi, atau baja ringan, maka Sahabat Tiga Roda perlu mengelap permukaan bidang jendela sehingga bersih sebelum diwarnai.
  2. Jika permukaan kayu masih belum presisi maka dapat dihaluskan dengan mesin penghalus atau alat bantu lainnya.
  3. Untuk kayu yang menempel pada panel kaca, lebih baik menggunakan alat bantu cat sehingga tidak merusak kayu.
  4. Permukaan kayu yang berlubang perlu didempul agar rata.
  5. Setelah itu kayu dapat langsung dicat.
  6. Sapukan warna dengan gerakan searah dan jangan bolak balik karena akan merusak sapuan pertama cat. Jika terjadi kesalahan pada saat menorehkan cat awal, ulang lagi dengan gerakan searah.
  7. Jika Sahabat Tiga Roda telah selesai mengecat, maka tunggu sampai kering. Jangan sampai membersihkan permukaan jendela saat cat masih basah karena akan menarik kotoran dan debu. Sahabat Tiga Roda dapat mengelap dengan kain bersih setelah memastikan cat sudah benar-benar kering.

Mudah bukan Sahabat Tiga Roda? Selamat mencoba.

 



Berita Lainnya