Kiat Jitu Merawat Perabotan Kayu

16 September 2019 | Gaya Hidup | 573 views

Sahabat Tiga Roda dapat dipastikan sangat akrab dengan perabotan bermaterial kayu. Sejak zaman dahulu, perabotan kayu menjadi preferensi utama masyarakat. Namun, jika Sahabat Tiga Roda jeli, seringkali perabotan kayu banyak yang kusam karena kurang perawatan.

Padahal, merawat perabotan dengan material kayu sangat mudah. Sahabat Tiga Roda dapat melakukan sendiri tanpa bantuan tukang yang profesional. Di bawah ini beberapa kiat yang dapat Sahabat Tiga Roda coba agar perabotan di rumah makin kinclong.

1. Merawat Furnitur Kayu

Perabot rumah yang terbuat dari kayu seperti kursi, meja, dan lemari mudah kusam dan lapuk. Agar perabotan kayu terlihat bersih kembali serta lebih awet, Sahabat Tiga Roda dapat mencampurkan beberapa bahan untuk merawat kayu. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain air, minyak goreng, dan sedikit perasan jeruk. Jika bahan tersebut sudah selesai diracik, Sahabat Tiga Roda dapat mencelupkan kain lap berbahan kaos lembut ke dalam larutan itu. Lalu, usapkan lap lembut ke perabot kayu, lakukan secara berulang agar hasilnya lebih maksimal.

2. Membuat Furnitur Kayu Lebih Bersinar

Sahabat Tiga Roda dapat memoleskan lapisan pasta lilin tipis pada perabot kayu selama 5 menit kemudian sikat dengan lembut. Diamkan furnitur yang sudah dipoles selama 30 menit hingga 60 menit. Setelah itu Sahabat Tiga Roda dapat menyikat ulang hingga permukaan kayu kembali bersinar.

3. Membersihkan Furnitur Ukir

Furnitur kayu jati yang lama seringkali memiliki ornamen ukir yang berat. Sahabat Tiga Roda tidak perlu khawatir untuk membersihkan bagian berukir tersebut. Tinggal siapkan kain halus, sikat lembut, dan semir sepatu yang padat. Warna semir sepatu dipilih sesuai dengan warna furnitur. Caranya, Sahabat Tiga Roda dapat membersihkan dulu permukaan furnitur. Setelah itu, oleskan dengan pasta semir sepatu. Setelah itu, gosok dengan kain lembut secara berulang.

4. Mengilapkan Furnitur Kayu

Sahabat Tiga Roda dapat mengilapkan furnitur kayu yang usang dengan menggunakan kemiri yang sudah ditumbuk. Caranya mudah. Bubuk kemiri yang sudah ditumbuk dibungkus dengan kain dan oleskan ke perabotan. Minyak yang keluar dari tumbukan kemiri berfungsi untuk mengilapkan perabotan. Sahabat Tiga Roda dapat terus menggosok ke permukaan furnitur secara berulang. Diamkan, lalu Sahabat Tiga Roda tinggal mengelap dengan kain lembut yang bersih. Jika Sahabat Tiga Roda tidak ingin menggunakan bubuk kemiri, maka dapat menggantinya dengan air teh. Aplikasikan dengan cara yang sama.



Berita Lainnya