Ketika Plafon Menjadi Fokus Hunian

30 Maret 2019 | Gaya Hidup | 1477 views

Percaya atau tidak, Sahabat Tiga Roda mungkin sering mengabaikan bagian plafon rumah karena jauh dari jangkauan.

Padahal jika Sahabat Tiga Roda memahami, plafon merupakan salah satu bagian dari rumah yang sangat memungkinkan untuk dihias. Plafon yang dihias maka dapat memberikan suasana yang berbeda di dalam rumah Sahabat Tiga Roda.

Plafon digunakan untuk menjaga suhu di dalam ruangan tidak terlalu panas. Permainan atap yang tinggi pada plafon bertujuan untuk mengatasi udara yang panas tersebut.

Meski demikian, untuk menciptakan plafon yang cantik, Sahabat Tiga Roda perlu mengetahui apa saja yang penting.

Pertama, pemanfaatan material plafon yang tidak harus sama antarruangan dalam hunian. Sahabat Tiga Roda dapat dengan bebas memilih material plafon yang berbeda antarruangan. Contohnya saja, Sahabat Tiga Roda menggunakan material bambu di kamar tidur, lalu menggunakan plafon berbahan PVC pada ruangan yang lainnya.

Hal tersebut bebas dilakukan dan tinggal disesuaikan dengan selera dari Sahabat Tiga Roda.

Kedua, ketika membuat plafon perlu diperhatikan mengenai pencahayaan. Jangan sampai ketika Sahabat Tiga Roda memilih material plafon dari bambu di ruang keluarga tetapi menjadi pencahayaan berkurang. Hal ini karena jenis kulit bambu yang biasanya lebih gelap sehingga perlu pencahayaan yang lebih tajam.

Ketiga, pilih material yang tahan terhadap air dan kelembaban. Hal ini menjadi penting jika ternyata atap Sahabat Tiga Roda bocor. Maka fungsi plafon menjadi penting untuk menjaga anggota keluarga di dalam hunian.

Banyak pilihan material yang dapat digunakan sebagai plafon seperti gypsum, PVC, kayu, dan GRC. Material gypsum dinilai tepat dan lebih kuat sebagai material plafon. Jika Sahabat Tiga Roda bosan dengan jenis material tersebut, maka dapat memilih GRC board dan kayu ulin yang dikenal tahan dengan air.  Tertarik Sahabat Tiga Roda? Selamat bereksperimen.



Berita Lainnya