Hemat Pakai Perabot Palet

31 Maret 2019 | Gaya Hidup | 2013 views

Jika Sahabat Tiga Roda cermati, belakangan inni mulai kembali muncul perabotan rumah tangga yang dibuat dari material kayu palet. Perabotan seperti rak buku, tempat tidur, hingga meja kursi mulai banyak dimanfaatkan oleh masyarakat.

Selain  karena desainnya yang khas, perabotan palet juga terhitung murah. Memang jika dibandingkan dengan jenis kayu lain seperti jati, usia perabotan dari palet tidak panjang. Hal ini disebabkan oleh kualitas kayu yang masih basah. Berbeda dengan kayu yang sudah melalui proses oven sehingga kadar air dapat ditekan serendah mungkin.

Namun demikian, Sahabat Tiga Roda tidak perlu mengurungkan  niat jika ingin menggunakan perabotan jenis ini. Sahabat Tiga Roda hanya perlu memperhatikan beberapa hal agar mendapatkan kayu palet berkualitas bagus.

Pertama, perhatikan permukaan kayu. Jangan sampai Sahabat Tiga Roda memilih kayu yang berlubang pada permukaannya. Lubang ini merupakan penanda awal kehadiran rayap atau serangga lain yang menyusup dalam kayu tersebut.

Perlu Sahabat Tiga Roda ketahui bahwa kayu palet adalah jenis kayu basah dan didalamnya masih ada hewan kecil sejenis serangga yang hidup di dalam lapisannya.

Kedua, Sahabat Tiga Roda perlu perhatikan retak rambut pada permukaan kayu. Retak rambut pada permukaan kayu dapat menyebabkan kayu pecah atau patah. Retakan pada jenis kayu biasanya mudah menjalar dan memanjang.

Nah, setelah Sahabat Tiga Roda memahami tentang lika-liku kayu palet, yang perlu diketahui lebih lanjut adalah warna kayu. Kayu palet memiliki banyak ragam warna mulai dari natural, coklat muda, hingga pucat.

Jika Sahabat Tiga Roda ingin menonjolkan furnitur palet sebagai aksen dalam hunian, maka lebih baik dinding rumah diberi cat warna yang lebih gelap agar objek perabot palet terlihat lebih menonjol.

Namun, bila menginginkan suasana ruang yang kalem dan santai, pilihlah warna dinding berwarna muda dan cenderung natural sehingga muncul keselarasan antara perabotan dan dinding rumah Sahabat Tiga Roda. Kiat sederhana ini sangat mudah untuk diaplikasikan dalam ruang. Lalu, tunggu apa lagi Sahabat Tiga Roda? Saatnya berbenah dengan perabotan yang murah tetapi tidak murahan.



Berita Lainnya