Ngaliwet Khas Sunda

23 Agustus 2018 | Gaya Hidup | 3783 views

Ngaliwet merupakan salah satu kebiasaan khas masyarakat Sunda. Hampir setiap acara kumpul-kumpul keluarga Sunda mengadakan acara Ngaliwet. Ngaliwet merupakan kegiatan makan-makan bersama yang disajikan dengan cara yang sangat unik. Menu utamanya adalah Nasi Liwet yaitu nasi yang dimasak dengan menggunakan bumbu tambahan seperti bawang, daun salam, sereh dan garam, sehingga nasinya terasa lebih gurih. Untuk lauknya biasanya adalah ikan mas goreng atau bakar yang ditangkap langsung dari empang milik keluarga, yang ditemani menu wajib yaitu ikan asin, lalapan dan sambal terasi.

Penyajian makanan ini juga unik. Makanan disajikan di atas daun pisang secara memanjang dan seluruh anggota keluarga makan bersama mengelilingi daun pisang tersebut. Suguhan nasi liwet yang hangat beserta lauk pauk khasnya tersebut menjadikan suasana kebersamaan yang hangat ditengah-tengah keluarga.

Tidak hanya kebersamaan saat makan bersama, namun kebersamaan sudah dimulai sejak mempersiapkan makanan. Dalam tradisi ini biasanya anggota keluarga memasak bersama-sama dan bahkan juga patungan untuk membeli bahan makanan atau menyumbangkan jenis bahan makanan mentah untuk dimasak. Bapak-bapak juga berkontribusi memancing ikan di empang untuk dijadikan lauk utama. Hati senang, perut kenyang, terbayang kan keseruannya?



Berita Lainnya