Jitu Manfaatkan Partisi Ruangan

25 Juni 2018 | Hunian Impian | 405 views

Ada kalanya, Sahabat Tiga Roda ingin menyekat ruang agar dapat digunakan untuk dua aktivitas secara bersamaan, atau menjaga privasi anggota keluarga saat ada tamu Sahabat Tiga Roda datang. Dua hal tersebut dapat dilakukan jika hunian atau kantor Sahabat Tiga Roda memiliki luas yang cukup lapang. 

Sayangnya, banyak orang yang kurang pas dalam mengaplikasikan partisi di dalam rumah. Akhirnya, sekat antarruangan terlihat kaku dan jauh dari kata menarik. 

Padahal, pada dasarnya partisi hanya dapat berfungsi maksimal untuk bangunan yang memiliki ruangan yang luas. Tujuannya, agar privasi antaranggota keluarga tetap terjaga. Hal yang sama terjadi di ruang kantor. Partisi digunakan untuk memisahkan beberapa ruangan yang dimanfaatkan sesuai kepentingannya. 

Jika Sahabat Tiga Roda ingin menggunakan partisi dalam ruangan maka tidak terbatas pada pemanfaatan partisi yang dibuat secara khusus. Sahabat Tiga Roda dapat memanfaatkan beberapa benda atau hiasan untuk memisahkan ruangan. Jadi partisi-partisi itu tidak hanya fungsional saja, tetapi dapat menjadi aksen yang mempercantik ruangan.

Terdapat beberapa jenis perabotan yang dapat dimanfaatkan sebagai partisi ruangan yang dapat Sahabat Tiga Roda pilih sesuai selera:

1. Karya Seni

Bagi kolektor atau pencinta benda seni, mereka dapat memanfaatkan koleksi karya seni yang sudah dimiliki sebagai partisi ruangan. Misalnya, dengan menampillkan sejumlah lukisan yang disuka sehingga dapat memicu pembicaraan bagi tamu yang berkunjung ke rumah. 


Selain lukisan, karya seni instalasi dapat difungsikan serupa. Umpamanya dengan meletakan instalasi di area ruang tamu. Dengan begitu tamu yang datang akan terkesan dengan benda seni tersebut. 

Tidak ada ukuran yang baku mengenai dimensi benda seni yang dapat difungsikan sebagai partisi. Sahabat Tiga Roda tinggal menyesuaikan dengan kapasitas ruangan saja. Melalui cara ini, sebetulnya penghuni secara tidak langsung memperlihatkan kepada tamu menengai karakter mereka sebagai pencinta karya-karya seni. 

2. Tirai Bermaterial Wastra

Selama ini gorden banyak digunakan untuk menutup jendela. Namun, gorden juga dapat dihadirkan sebagai penyekat ruangan. Agar menambah nilai estetika pada ruangan, maka gorden dapat dipakai dari material kain wastra nusantara. Banyak motif unik yang dapat dipilih dari kain tradisional milik berbagai suku di Indonesia. Sahabat Tiga Roda dapat memilih kain batik, atau tenun sebagai partisi. 

Ragam motif yang sangat kaya dan terbuka untuk dikreasikan dalam bentuk lain akan mempercantik tampilannya sebagai penyekat ruangan Sahabat Tiga Roda. Keberadaan gorden kain ini dapat menjadi pembeda dalam ruangan. Supaya tidak kotor, penghuni dapat mengapit kain-kain koleksi mereka dengan kaca dan dibingkai dengan material lain seperti kayu atau besi. 

3. Rak Buku

Penggunaan rak buku sebagai partisi ruangan dapat menjadi alternatif lainnya. Saat ini, rak buku banyak dibuat dengan beragam bentuk. Mulai dari bentuk konvensional, bentuk flora fauna, hingga dapat membentuk abjad yang merangkai nama Sahabat Tiga Roda. 

Jika Sahabat Tiga Roda memiliih rak buku sebagai partisi ruangan, maka terlebih dahulu memastikan dimensi antara rak buku dan ruangan. Jadi, keberadaan rak tidak membuat ruangan Sahabat Tiga Roda terlihat sempit. Selain itu, agar ruangan semakin tampak cantik maka variasikan isi rak buku dengan cenderamata kesayangan Sahabat Tiga Roda. 

4. Perabotan Vintage

Buat penghuni yang memiliki meja, lemari, atau perabotan kuno warisan dari kakek dan nenek maka dapat memanfaatkannya sebagai partisi ruangan juga. Perabotan vintage tersebut memang terkesan biasa tetapi jika didapatkan dari peninggalan leluhur maka memiliki cerita yang berbeda bagi penghuni rumah. 

Contohnya, ketika masa kecil Sahabat Tiga Roda kerap makan bersama di meja marmer dengan ayah dan ibu atau orang terkasih yang kini telah tiada maka melalui perabotan tersebut, ingatan manis Sahabat Tiga Roda tentang mereka akan selalu terkenang.

5. Ukiran

Benda-benda bernuansa etnik juga tak kalah menariknya jika dimanfaatkan sebagai partisi ruangan. Di Jawa, penyekat ruangan berupa gebyok yang sarat dengan ukiran-ukiran bermotif nanasan sangat bagus. 

Perabotan bermaterial kayu jati ini dapat memunculkan nuansa etnik pada rumah. Selain gebyok, penghuni juga dapat menggunakan partisi ruangan berukiran khas China yang terkenal dengan keindahannya. Sahabat Tiga Roda tertarik?

Untuk ikut promo "Berburu Poin", silahkan login disini.

Berita Lainnya