Siasati Hunian Sempit Tampak Luas

25 Juni 2018 | Hunian Impian | 401 views

Hai, Apakah Sahabat TIga Roda sudah mengetahui bahwa hunian adalah cerminan dari karakter pemilik hunian?  Dekorasi rumah dapat menunjukkan ciri khas dari pemilik rumah. Namun, Sahabat Tiga Roda perlu paham bahwa seringkali pemilik rumah terlalu fokus dengan pernak-pernik penghias rumah dan lupa dengan perspektif ruang. 

Padahal, luas ruangan menjadi salah satu syarat untuk mewujudkan hunian yang ideal. Luas ruangan yang ideal harus disesuaikan dengan kebutuhan dari setiap penghuninya. 

Namun, bagaimana jika hunian yang Sahabat Tiga Roda miliki ternyata tidak seberapa luas? Jangan khawatir karena Sahabat Tiga Roda tetap dapat menikmati efek ruangan yang lapang dengan menerapkan beberapa kiat di bawah ini: 

Pertama-tama, untuk menciptakan kesan lapang dalam hunian, Sahabat Tiga Roda harus memperhatikan beberapa elemen penting seperti lantai, dinding, aplikasi perabotan, pemilihan warna, dan pencahayaan. Penataan yang cermat dari semua elemen itu akan mendukung lapangnya hunian. 

Pada elemen lantai, Sahabat Tiga Roda dapat memilih motif-motif yang sederhana. Jika Sahabat Tiga Roda ingin menampilkan suasana alami di dalam hunian, pilih lantai kayu dan keramik dengan motif bebatuan. Motif kayu yang memiliki urat-urat kayu dapat dipasang secara vertikal dan horizontal. Warna-warna lantai yang cerah dapat dijadikan pertimbangan. Alasannya cukup sederhana. Saat pendar lampu dalam ruangan mengenai lantai yang berwarna terang, maka akan terbias secara maksimal. Pantulan cahaya ini akan memberikan efek ruangan yang luas. 

Masih berbicara tentang lantai, pastikan Sahabat Tiga Roda menggunakan motif lantai yang seragam untuk dua ruangan yang bersebelahan. Meskipun dibatasi dengan tembok tetapi jika motif lantai seragam maka akan menimbulkan kesan lantai yang luas. 

Selanjutnya adalah mencermati bagian dinding di dalam hunian. Jika rumah Sahabat Tiga Roda sedang dalam tahap pembangunan maka pastikan membuat banyak bukaan besar pada dinding. 


Selain itu, buat ruangan khususnya tempat berkumpul keluarga dengan konsep open lay-out (tanpa sekat). 

Tidak adanya pembatas ruangan akan membuat pandangan Sahabat Tiga Roda lebih leluasa. 

Lalu, bagaimana jika rumah Sahabat Tiga Roda sudah megah berdiri? Mudah saja. Sahabat Tiga Roda cukup menyiasatinya dengan menempelkan cermin berukuran besar pada salah satu sisi dinding. 

Pantulan ruangan dari ilusi cermin akan membuat ruangan menjadi luas. 

Selain memanfaatkan cermin, Sahabat Tiga Roda juga dapat berminat dengan tekstur dinding. Sahabat Tiga Roda dapat memilih batu alam sebagai pelapis dinding, atau membuat rak di dalam dinding sehingga tidak perlu membeli perabotan. Membuat rak dinding akan membuat ruangan menjadi lebih luas karena minim perabot. 

Selain elemen lantai dan dinding, Sahabat Tiga Roda juga perlu memperhatikan warna dominan di dalam desain interior hunian. Sahabat Tiga Roda perlu cermat dalam memilih warna. Setiap warna akan memberikan efek tertentu dalam ruangan. Beberapa warna yang memiliki efek melapangkan ruang dan menenangkan adalah putih, krem, biru pirus, dan warna-warna pastel. 

Sahabat Tiga Roda juga jangan ragu dalam bermain kontras untuk memadankan dua warna cat dalam ruangan. Namun, Sahabat Tiga Roda perlu memastikan bahwa permainan tabrak warna hanya terbatas untuk dua warna cat saja. Jika Sahabat Tiga Roda memilih lebih dari dua warna dapat dipastikan suasana ruangan terlihat pengap dan sempit. 

Cara terakhir yang dapat dijadikan pilihan adalah menggunakan perabotan minimalis multifungsi. Penggunaan perabotan berfungsi Sahabat Tiga Roda dapat melapangkan ruangan Sahabat Tiga Roda karena mereduksi penggunaan furnitur yang membuat ruang menjadi sempit. Sahabat Tiga Roda dapat memilih perabot lipat, dan menempel pada dinding seperti bufet dan televisi. 

Terakhir yang tidak kalah penting adalah tata cahaya. Penataan lampu yang benar akan mempercantik hunian Sahabat Tiga Roda. Jika Sahabat Tiga Roda dapat memajang lampu dan mengatur pendar cahayanya dengan pas, maka efek lapang dalam hunian yang tidak seberapa luas akan terwujud.

Untuk ikut promo "Berburu Poin", silahkan login disini.

Berita Lainnya