Tampil Beda di Hari Raya dengan Pelapis Lantai

12 Juni 2018 | Hunian Impian | 268 views

Jelang Hari Lebaran, biasanya anggota keluarga Sahabat Tiga Roda akan disibukan dengan aktivitas membenahi rumah. Contohnya saja mulai dari menyapukan warna cat baru di dinding hingga mengganti perabotan. Namun, semua itu seringkali menjadi pekerjaan rumah yang sangat berat, apalagi jika waktu bebenah sangat sempit.

Jika Sahabat Tiga Roda tidak mau kesulitan untuk memberikan nuansa berbeda di dalam rumah, cukup dengan mengganti karpet alias pelapis lantai lawas dengan yang baru. Namun, sebelum Sahabat Tiga Roda melakukannya, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan terkait dengan cara memilih karpet. Sahabat Tiga Roda harus jeli memilih warna, pola, dan bahan baku pembuatan karpet tersebut.

Semua elemen itu harus diperhatikan agar karpet tidak hanya berfungsi sebagai alas saja, tetapi juga membuat hunian tampak cantik dan segar.

Hal utama yang harus diperhatikan dalam memilih karpet adalah warna.

Selama ini, banyak pemilik rumah yang kebingungan dalam menentukan warna karpet. Agar Sahabat Tiga Roda tidak kebingungan menentukannya maka dapat memilih warna sesuai dengan perabotan yang dimiliki.   

Contohnya jika warna sofa di rumah cenderung terang, maka pilih warna karpet yang senada. Begitu pula jika warna perabotan cenderung gelap maka pilih karpet yang bernuansa gelap sehingga didapatkan keselarasan dalam ruangan.

Di dalam ruang, fungsi karpet memang sebagai pelengkap interior. Namun, dengan penempatan yang tepat, dan berdekatan dengan perabotan yang lain maka dapat memberikan nuansa yang lebih segar.

Pada momen Lebaran, dapat dipastikan Sahabat Tiga Roda akan banyak menerima kunjungan kerabat. Jika Sahabat Tiga Roda khawatir karpet berisiko terkena tumpahan makanan atau minuman berwarna, maka dapat memilih warna gelap.

Karpet berwarna gelap lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan warna terang. Warna gelap akan menyamarkan kotoran dan noda. Ditilik dari sisi estetika ruangan, tampilan karpet dapat dipercantik dengan menambahkan bantal-bantal unik.

 

LUAS RUANGAN

Hal lain yang perlu diperhatikan saat Sahabat Tiga Roda memilih karpet adalah keselarasan dengan luas ruangan. Jika ruang keluarga Sahabat Tiga Roda tidak seberapa luas, maka jangan memaksakan untuk membeli karpet berukuran besar.

Sahabat Tiga Roda jangan menutup seluruh lantai dengan karpet. Sisakan sedikit bagian lantai yang tidak tertutup karpet agar terlihat aksen yang meringankan pandangan mata Sahabat Tiga Roda. Jika Sahabat Tiga Roda memaksakan untuk menutup seluruh lantai dengan karpet maka ruangan menjadi tidak berkarakter.

Pertimbangan lain yang perlu Sahabat Tiga Roda miliki adalah pilihan material. Umumnya, karpet yang dijual di pasaran bermaterial benang wol dan akrilik. Kedua material tersebut memiliki kelebihan masing-masing. Dilihat tampilan, karpet bermaterialkan wol terlihat kurang cerah. Dibandingkan dengan material akrilik yang tampilan warnanya terlihat lebih tajam dan cerah. Dari sisi harga, material wol jauh lebih mahal. Namun, baik material akrilik maupun wol sama-sama memiliki kenyamanan yang sepadan.

Berikutnya, selain pertimbangan warna dan jenis material, Sahabat Tiga Roda juga harus memperhatikan motif yang tersulam pada karpet.

Kebanyakan anak muda dan pasangan yang baru menikah lebih cenderung memilih karpet bermotif geometris karena terlihat lebih modern.

Jika Sahabat Tiga Roda memiliki rumah dengan gaya interior minimalis, sebaiknya dipilih karpet berwarna redup atau monokrom seperti abu-abu, putih, dan hitam. Hal ini untuk memperkuat konsep skandinavia yang cenderung cerah. Penggunaan warna kontras dibolehkan tetapi jangan terlalu banyak dan hanya sebatas aksen.

Untuk ikut promo "Berburu Poin", silahkan login disini.

Berita Lainnya