Bebenah Jelang Hari Raya - Membuang Yang Tak Penting, Menggeser Yang Ada

05 Juni 2018 | Gaya Hidup | 240 views

Sahabat Tiga Roda, momen Ramadan tidak hanya cukup dengan menata hati secara sprititual saja. Pastinya, hunian Sahabat Tiga Roda juga perlu dibereskan sehingga suasana menyambut Lebaran menjadi segar dan mendukung suasana untuk beribadah.

Pada bulan suci Ramadan, aktivitas di rumah tentu akan sedikit berbeda ketimbang bulan-bulan sebelumnya. Pada petang hari, semua anggota keluarga Sahabat Tiga Roda akan berkumpul untuk menyantap hidangan berbuka puasa. Kemudian pada dini hari, seluruh anggota keluarga bangun dari tidur untuk makan sahur dan melaksanakan ibadah.

Tidak hanya itu saja, biasanya saat Ramadan banyak kerabat yang datang ke rumah untuk melaksanakan acara buka puasa bersama. Alasan-alasan seperti itulah yang membuat rumah perlu ditata.

Agar penataan rumah Sahabat Tiga Roda berlangsung dengan baik, dapat disimak beberapa kiat berbenah rumah di bawah ini:

  1. SINGKIRKAN

Ketika Sahabat Tiga Roda memulai membersihkan rumah, tidak hanya menata saja, tetapi harus memilih barang apa saja yang masih dibutuhkan dan harus dibuang. Singkirkan benda-benda yang dianggap tidak perlu. Misalnya kardus yang menumpuk di setiap sudut ruangan. Selain kurang enak dipSahabat Tiga Rodang, keberadaan pembungkus barang itu membuat rumah terlihat sempit.

Selain itu, simpan perabotan dan furnitur yang jarang dipakai. Dengan cara ini, ruangan rumah akan lebih lapang sehingga menunjang berbagai aktivitas untuk berkumpul dengan anggota keluarga.

  1. BERSIHKAN

Jika kardus-kardus tak penting sudah disingkirkan, langkah selanjutnya adalah mulai membersihkan perbotan rumah. Jika Sahabat Tiga Roda memiliki sofa dan kursi yang kulit pelapisnya mulai kusam, segera bersihkan debu atau kotoran yang melekat. Gunakan sikat halus, kemoceng atau mesin pengisap debu sesuaikan dengan jenis material yang dibersihkan.

Kemudian jika kulit pelapis furnitur mulai rusak, alangkah baiknya segera direparasi agar terlihat baru dan kerusakan tidak meluas ke bidang material.  Sementara itu, untuk furnitur-furnitur bermaterial kayu dapat kembali dilapis dengan pernis agar tampak kinclong. Dengan cara tersebut, maka Sahabat Tiga Roda tidak harus membeli perabotan baru sehingga anggaran yang dimiliki dapat dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan yang lain.

  1. PERSIAPKAN

Bagi orang Indonesia makan dengan cara lesehan terasa lebih hangat. Sahabat Tiga Roda hanya perlu menyiapkan karpet agar kegiatan santap bersama kerabat dapat berlangsung nyaman dan kebersihan lantai tetap terjaga. Pilihlah pelapis lantai dengan motif khas Timur Tengah.

Namun, jika Sahabat Tiga Roda merasa nyaman menyantap hidangan buka puasa dengan meja dan kursi, maka dapat menghias area ruang makan. Letakkan taplak meja dengan motif khas Timur Tengah dan juga bunga yang dirangkai tidak terlalu tinggi. Pilihlah bunga dengan rangkaian oval. Jadi, Sahabat Tiga Roda dapat leluasa berbincang dengan anggota keluarga tanpa terhalang tingginya rangkaian bunga. Tidak ada salahnya jika Sahabat Tiga Roda mulai memilih stoples dengan bentuk unik yang berisi penganan khas Ramadan.

  1. AKSESORI RUANGAN

Jika Sahabat Tiga Roda tidak ingin mengubah cat tembok untuk memberikan suasana baru dalam hunian, cukup ganti pajangan yang terpacak di dinding. Lukisan-lukisan kaligrafi, lampu-lampu bergaya Timur Tengah, dan vas bunga adalah contoh aksesori yang dapat dihadirkan di rumah.

Sahabat Tiga Roda bisa menempatkannya pada area publik seperti ruang tamu, dan ruang keluarga atau area yang menjadi pusat aktivitas antaranggota keluarga di dalam rumah.

  1. GESER

Cara lain untuk menyegarkan tampilan ruangan hunian Sahabat Tiga Roda adalah menata ulang posisi furnitur. Sahabat Tiga Roda dapat memulai mengubah tata letak perabotan di ruang tamu. Berlanjut ke ruang keluarga, dan ruang makan. Khusus untuk area dapur, Sahabat Tiga Roda dapat mengubah posisi perabotan di atas kitchen set. Selain itu, di dalam kamar pribadi juga dapat diubah posisi perabotan mulai dari dipan, lemari pakaian.

Namun, ada hal yang perlu diiperhatikan ketika mengubah letak perabotan, yakni jangan sampai tata letak baru justru membuat pSahabat Tiga Rodangan semakin sempit. Selamat mencoba Sahabat Tiga Roda.

Untuk ikut promo "Berburu Poin", silahkan login disini.

Berita Lainnya