Hunian Minimalis Khas Skandinavia

02 Mei 2018 | Gaya Hidup | 415 views

Home sweet home. 

Istilah ini sangat akrab dan seringkali dijadikan ornamen hiasan untuk menyambut kedatangan tamu di rumah. Ya, Sahabat Tiga Roda pastinya menyadari bahwa rumah bukan sekadar tempat bernaung tetapi juga tempat untuk mempererat hubungan antaranggota keluarga. Rumah juga menjadi tempat untuk memperoleh sumber energi baru yang berkurang setelah menjalankan rutinitas pekerjaan. 

Rumah yang ditata dengan apik dengan pilihan desain interior yang menarik pastinya akan membuat betah seluruh anggota keluarga. Salah satu konsep desain yang selalu menjadi rujukan adalah gaya Skandinavia

Desain Skandinavia atau juga disebut sebagai Scandinavian Swedish Design mengedepankan desain interior rumah yang sederhana, minimalis, fungsional, dan ramah lingkungan. Pulasan warna-warna netral yang lembut menjadi salah satu ciri khas dari desain ini. 

Sahabat Tiga Roda mesti memahami bahwa ada alasan utama mengapa desain ini diminati oleh banyak orang.

Pertama, menimbulkan efek ruangan yang luas. 


Hal tersebut dikarenakan dominasi penggunaan cat berwarna putih. Pilihan cat berwarna putih ini dapat memanipulasi luas ruang. Jadi jika rumah Anda tidak seberapa luas, maka dengan pilihan warna ini akan menimbulkan efek manipulatif ruang sehingga memberikan kesan lega pada pandangan mata.  

Kedua, penggunaan perabotan yang bergaya sederhana tetapi fungsional menambah lega hunian Sahabat Tiga Roda. Di negara tempat desain ini diperkanalkan seperti Swedia, Denmark, dan Norwegia kebutuhan warga terhadap perabotan rumah yang kuat, fungsional, tetapi tidak mengesampingkan sisi estetika sangat diperlukan. Mengingat negara-negara itu mengalami empat musim yang terbilang ekstrem.  

Desain yang dikenal bersih, minimalis, lapang, dan segar ini menarik banyak pemilik rumah untuk menerapkan dalam huniannya. 


Selain menimbulkan efek luas, penerapan gaya ini juga memungkinkan Sahabat Tiga Roda untuk mendapatkan penerangan yang cukup di dalam rumah.

Jika Sahabat Tiga Roda ingin menerapkan gaya ini di dalam rumah, maka dapat dimulai dari memiliki jendela dengan bukaan yang lebar. Hal ini dengan tujuan agar sinar matahari dapat masuk dengan leluasa. Selain membuat ruang menjadi terang, maka Sahabat Tiga Roda juga dapat menghemat pemakaian listrik. 

Tidak hanya terbatas pada pilihan furnitur saja, gaya Skandinavia juga dapat diaplikasikan melalui pilihan lantai kayu. Material kayu solid (solid hardwood) dan kayu buatan (engineered hardwood) dapat dijadikan pilihan. Pilihan motif yang tertoreh dalam kayu dapat dipilih sesuai selera. Jika Anda tidak berselera dengan penggunaan lantai kayu maka dapat menggunakan karpet dengan motif yang sederhana. 

Pilihan furnitur dalam hunian juga dapat disesuaikan dengan lantai kayu. Pastinya material utama untuk perabotan adalah kayu. Namun, Sahabat Tiga Roda jangan takut untuk memanfaatkan material lain seperti kulit atau kaca sebagai bahan dasar atau lapisan perabotan.

Penggunaan rak atau bufet diperbolehkan, tetapi harus bergaya sederhana dan fungsional. Dengan penerapan yang tepat, konsep ini dapat memberi kesan segar, lapang, dan menenangkan bagi pemilik rumah. Tertarik Sahabat Tiga Roda? 

Untuk ikut promo "Berburu Poin", silahkan login disini.

Berita Lainnya