Tak Perlu Repot Dengan Carpot

27 Maret 2018 | Gaya Hidup | 1112 views

Selain garasi, carpot menjadi alternatif untuk mengandangkan mobil Anda. Bentuk carpot yang sederhana dapat menghemat pengeluaran Sahabat Tiga Roda. 

Carpot atau emper mobil adalah tempat sederhana menyimpan kendaraan di depan rumah. Biasanya dibangun tanpa dinding, atau bahkan hanya memiliki satu dinding di sisinya. Carpot tidak dihitung sebagai bangunan karena dibuat secara semi permanen.

Posisi carpot umumnya berada di depan rumah atau memanfaatkan garis sempadan bangunan. 

Sebelum membangun carpot, Anda perlu memperhatikan posisi, luasan minimal, dan konsep desainnya.

Carpot dapat dibangun menyatu langsung ke bagian rumah, sedang bila terpisah maka jarak minimal antara carpot dengan rumah yaitu 5 m. Untuk luas ideal carpot minimal untuk satu mobil yakni 3x5 m2.

Selanjutnya, jika dibangun terpisah maka letak ideal carpot berada di samping rumah dengan syarat tanah yang tersedia harus luas. Dengan posisi carpot di samping rumah ini maka tidak mengganggu luas halaman atau taman-taman yang tersedia.

Kemudian carpot dan pagar rumah sepatutnya tidak perlu ada jarak agar pintu carpot dapat berfungsi sebagai pintu pagar.


Konstruksi bangunan carpot dapat disesuaikan dengan selera pemilik rumah. Jika ingin carpot tampil bergaya etnik maka sebaiknya konstruksi bangunan menggunakan kayu.

Sementara itu, jika ingin carpot bergaya modern, maka konstruksi bangunan yang paling bagus menggunakan kolom cor beton atau besi hollow yang dikombinasi dengan atap kaca, polycarbonate, solar tuff, roof top atau galvalum.

Untuk pilihan atap sangat bervariasi tergantung konsep desainnya. Tidak hanya terpaku dengan atap seng, genteng, tetapi juga dapat memanfaatkan tanaman peneduh rambat.


Soal lantai carpot, sebaiknya Anda menggunakan bahan kasar agar mempermudah laju mobil serta tidak licin. Material terbaik adalah paving block, grass block, batu ampyang, atau granite tile yang jenis rock tile.

Di samping itu, guna menjadi unsur mempercantik tampilan rumah secara keseluruhan, maka desain carpot harus satu tema dengan desain fasad rumah. 

Bila desain fasad atau tampilan rumah bertema klasik maka desain carpot sebaiknya memakai unsur-unsur lengkung pada bangunannya.

Kemudian jika tema fasad rumah modern maka sebaiknya desain carpot yang simpel dan bermain unsur geometris atau garis.

Untuk ikut promo "Berburu Poin", silahkan login disini.

Berita Lainnya