Otak-atik Material Dapur

26 Maret 2018 | Gaya Hidup | 841 views

Dalam hunian, pemilik rumah seyogianya tidak hanya fokus untuk mempercantik ruang tamu dan ruang tidur saja. Di zaman yang serba modern ini, area dapur harus mendapatkan perhatian yang sama. Saat ini, dapur tidak hanya sebatas sebagai tempat meramu makanan. Tidak jarang, dapur yang menyatu dengan ruang makan difungsikan sebagai area berkumpul anggota keluarga.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika dalam memilih material harus cermat sehingga Sahabat Tiga Roda dapat memiliki dapur yang nyaman dan enak dipandang.

Empat hal di bawah ini dapat Sahabat Tiga Roda jadikan rujukan untuk mempercantik area dapur; 

1. Anda harus memenuhi tiga fungsi dapur yakni tempat menyimpan, meracik, dan memasak makanan. 


Oleh karena itu, membuat dapur tidak hanya melulu masalah keindahan tetapi juga kebersihan dan pilihan material yang awet sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu lama.

2. Biasanya, fasilitas yang tersedia dalam dapur meliputi kitchen set yang terdiri dari lemari, table top dan blackplash. Khusus untuk kebutuhan kitchen set, Anda dapat memilih material kayu melamik. Kayu jenis ini memiliki urat-urat kayu yang lebih menonjol sehingga mudah untuk dipadukan dengan material lain. 


Pada bagian table top, Anda dapat memilih beberapa jenis material berupa keramik, granit, dan marmer.

3. Jika penggunaan granit dan marmer dapat menguras kantong, maka Anda dapat memilih material tiruan atau solid surface untuk dijadikan alternatif menghemat dana. Keunggulan material ini tidak memiliki sambungan sehingga instalasinya bisa langsung disesuaikan dengan table top. Berbeda dengan material granit atau marmer yang memiliki sambungan sehingga cukup menyulitkan saat memasangnya.


Selain solid surface, Anda dapat memilih material kayu solid. Ada beberapa jenis kayu yang dapat dimanfaatkan bagi table top salah satunya kayu jenis trambesi. Kayu ini terkenal kuat hingga dapat difungsikan sebagai talenan.

Beranjak ke bagian backsplash yakni dinding berlapis yang berada di belakang meja dan kompor, Anda dapat menggunakan material dari keramik dan mozaik. Untuk mozaik, pemasangannya harus benar-benar cermat karena salah sedikit saja maka akan mengubah bentuk.

Jika Anda menginginkan backsplash upaya lebih unik lagi maka dapat melapisi area ini dengan print chalkboard sehingga terkesan seperti papan tulis.

4. Pada bagian lantai dapur, Anda dapat menggunakan keramik dan parket. Kedua material ini terbukti memudahkan penghuni untuk membersihkan dari tumpahan minyak atau air.


Saat ini, area dapur merupakan bagian paling penting di dalam rumah. Dapur yang bersih akan membuat Anda nyaman dan dapat menyajikan makanan yang sehat kepada seluruh anggota keluarga. 

Untuk ikut promo "Berburu Poin", silahkan login disini.

Berita Lainnya