Kreasi Tegel Kunci untuk Rumah Modern

06 Maret 2018 | Gaya Hidup | 1832 views

Di tengah-tengah gempuran konsep interior modern, orang- orang seakan rindu menghadirkan segala hal berbau klasik atau masa lalu. Dalam urusan menata hunian, Sahabat Tiga Roda bisa kembali melirik pelapis lantai jenis tegel.

Alasannya sederhana karena lantai tegel memiliki kesan klasik.

Saat ini rasanya tidak mudah menemukan lantai tegel terpasang di rumah-rumah zaman sekarang. Hal itu terjadi karena penghuni kini lebih memilih menggunakan pelapis lantai jenis terbaru mulai dari keramik, marmer, vinyl, hingga karpet.

Seiring dengan perkembangan zaman serta ditemukannya inovasi pelapis lantai jenis terbaru, tegel pun mulai ditinggalkan.

Di Indonesia, kita mengenal tegel kunci. Tegel tersebut sangat legendaris karena hadir di Indonesia sejak 1927. Bentuk yang geometris, membuat tegel kunci menjadi primadona saat itu. Proses pembuatannya pun masih tradisional karena dikerjakan secara manual sehingga tak ada bentuk yang serupa satu sama lainnya.

Dilihat dari sisi materialnya, tegel biasa dibuat menggunakan campuran semen dan pasir.

Dengan ukuran lazim 30 x 30 cm atau 40 x 40 cm, tegel memiliki beragam warna dan motif. Ragam warna dan motif itulah yang menjadi ciri khas penutup lantai tersebut.


Bukan hanya itu, lantai tegel dianggap sesuai bila digunakan untuk hunian-hunian di Indonesia karena menghadirkan kesejukan di dalam ruangan.

Sebab Indonesia memiliki iklim tropis yang cenderung panas dan cerah sepanjang tahun.

Meskipun dinilai jadul, tegel tidak serta merta habis dari peredarannya. Sebagai produk masa lalu, tegel tetap masih memiliki penggemar hingga kini. Mereka menyenangi tegel karena keunikannya terutama motif dan permukaannya yang lebih dingin dibandingkan keramik. Terlebih ketika desain interior masa lampau kembali mengemuka seperti vintage dan retro, pamor tegel mulai terangkat kembali sebagai elemen dekoratif.

Beberapa hal yang membuat penutup lantai ini kembali dilirik para penghuni, antara lain harganya relatif murah, pemasangannya mudah, memiliki kesan sejuk, dan motifnya unik.

Tidak ada perbedaan khusus antara tegel dan pelapis lainnya dalam urusan instalasinya. Jadi kurang lebih, persiapannya sama dengan penutup lantai jenis lainnya. 

Happy menjelaskan kehadiran tegel pada masa kini tak hanya sebatas di lantai, tetapi juga dapat dikreasikan ke bagian dinding.

Untuk ikut promo "Berburu Poin", silahkan login disini.

Berita Lainnya