Jitu Menemukan Lokasi Rumah Sehat

06 Februari 2018 | Gaya Hidup | 1664 views

Memiliki sebuah rumah mungkin saja menjadi resolusi Sahabat Tiga Roda pada tahun ini. 

Sebentar, sebelum melangkah lebih jauh ada baiknya Anda mengetahui kriteria lokasi rumah yang sehat itu seperti apa. Harapannya, agar rumah Anda benar-benar memberikan kenyamanan dan menyehatkan bagi penghuninya.

Idealnya, lokasi rumah yang dikatakan sehat harus dekat dengan lingkungan kerja dan fasilitas umum. Dengan demikian, penghuni rumah tidak perlu menghabiskan banyak tenaga maupun energi menuju tempat kerja. 

Rumah yang dekat dengan tempat kerja juga akan mengurangi penggunaan kendaraan bermotor sehingga dapat menekan polusi asap kendaraan.

Sebelum membeli tanah atau rumah, sebaiknya Anda harus mencermati terlebih dahulu peruntukan lokasi tapak di wilayah tersebut hingga 10 tahun ke depan.

Informasi ini dapat diperoleh melalui data Rencana Umum Tata Ruang Kota/Daerah. Melalui hal tersebut, Anda bisa memperhatikan peruntukan kawasan tersebut untuk pemukiman atau fungsi lainnya. Setelah itu, perhatikan lingkungan sekitarnya apakah pada radius sekitar dua kilometer terdapat pabrik, bandar udara, rel kereta api, dan pembuangan sampah.


Tempat-tempat itu tingkat kebisingan dan tingkat limbah udaranya sangat tinggi. Selain mengganggu pendengaran, kebisingan itu mengakibatkan penghuni sulit berkonsentrasi, tidur nyenyak, dan dapat menimbulkan rasa depresi.

Perlu dicermati juga bahwa suhu rata-rata di negara tropis mencapai di atas 30 derajat Celsius, dengan kelembapan udara sekitar 80%. Hal tersebut tidak begitu baik bagi penghuni.

Guna mencapai iklim ideal di dalam rumah maka dapat ditempuh dengan berbagai cara a.l. memperhatikan benar rancangan atap, dinding, jendela agar mengurangi kelembapan, dan menurunkan suhu udara.

Untuk ikut promo "Berburu Poin", silahkan login disini.

Berita Lainnya