D.I.Y: Meja dan Kursi Cantik Dari Ban Mobil Bekas

25 Juli 2016 | Gaya Hidup | 11275 views

Ada begitu banyak barang bekas di sekitar kita yang tanpa kita sadari hanya menumpuk tidak berguna di rumah kita. Padahal, jika kita mau meluangkan sedikit waktu dan kreativitas, kita bisa membuat barang-barang bekas tersebut menjadi seperti barang baru yang berguna buat kehidupan kita sehari-hari.

Salah satunya adalah ban mobil bekas. Kalau Sahabat Tiga Roda mempunyai ban bekas yang sudah tidak terpakai lagi, harap jangan dibuang! Kenapa? Karena kita bisa mengubahnya menjadi meja dan kursi yang cantik dengan cara yang cukup mudah dan bisa dikerjakan sendiri di rumah!

Pertama-tama, siapkan alat dan bahan berikut:

-       Satu atau dua buah ban mobil bekas

-       Triplek kayu yang sudah di potong sesuai ukuran ban mobil

-       Tali tambang ukuran sedang

-       Lem tembak

-       Bor listrik

-       Gunting

-       Beberapa buah baut ukuran sedang

-       Cat vernis untuk kayu

Sumber: edukreatif.com

Langkah pertama, bersihkan ban mobil bekas dan keringkan. Kemudian, letakkan triplek kayu di atas ban tersebut. Lubangi beberapa sisi triplek dengan bor listrik untuk menempatkan baut yang akan menyambungkan ban dengan triplek. Keratkan baut hingga triplek tidak bergeser-geser dari ban.

Setelah itu, ambil tambang ukuran sedang dan buatlah motif melingkar di atas triplek dengan tambang tersebut. Lem bagian yang menempel dengan triplek menggunakan lem tembak. Lakukan hal tersebut hingga seluruh permukaan triplek tertutup dengan tambang. Lakukan juga hal serupa dengan melingkari sisi luar ban dengan tambang. Lakukan dengan hati-hati agar hasilnya rapi. Jika seluruh permukaan ban sudah tertutupi dengan tambang, lapisi seluruh permukaannya dengan cat vernis. Diamkan selama satu hari satu malam sebelum digunakan. Dan lihatlah hasilnya, kini Sahabat Tiga Roda sudah memiliki mini sofa atau meja cantik yang unik!

Sahabat Tiga Roda juga bisa menambahkan sedikit kreativitas dengan memasangkan kaki-kaki meja.

Meletakkan kaca berbentuk bulat di atas ban.

Mengganti tali tambang menjadi benang untuk membuat anyaman.

Atau pun memberikan sentuhan warna dengan menggunakan cat sehingga tampilannya menjadi lebih menarik seperti di bawah ini.

Bagaimana? Tertarik untuk segera membuatnya di rumah?

Selamat mencoba!

 



Berita Lainnya