|livingheredoublebay.com
livingheredoublebay.com

Rencanakan Biaya Rumah Impian Anda

29 September 2015 | Hunian Impian | 4922 views

Sesuai namanya, rumah impian tentunya hunian yang sudah diidam-idamkan, terkadang bahkan bisa benar-benar masuk ke dalam mimpi. Tapi, untuk mewujudkannya kita tidak bisa hanya bermimpi, kita harus bangun dan mulai menyusun rencana untuk membangunnya.

Bicara soal membangun rumah impian, salah satu hal mendasar yang harus direncanakan adalah biaya. Agar uang yang sudah kita kumpulkan bisa dikelola dengan baik dalam membangun rumah impian, bikin rencana biayanya dulu yuk.. Perencanaan biaya bangunan ini merupakan hal yang sangat penting agar kelak biaya membangun tidak membengkak. Perencanaan biaya dapat membantu Sahabat Tiga Roda untuk mengetahui dan memperkirakan biaya kasar bangunan. Biaya kasar berarti perhitungan biaya secara menyeluruh sebelum rancangan bangunan dibuat, mulai dari pembersihan lahan sampai tahap finishing.

Nah, beberapa faktor yang sangat memengaruhi besar kecilnya perencanaan biaya rumah impian adalah sebagai berikut:

  • Material Bahan Bangunan

Material bahan bangunan sangat beragam. Sahabat Tiga Roda dapat memilih material bangunan yang berkualitas tinggi, sedang, dan rendah sesuai kebutuhan dan biaya yang dimiliki. Jika Sahabat Tiga Roda punya waktu luang, yuk mampir ke toko bangunan terdekat untuk mendapat gambaran harga material yang lebih jelas. Dengan begitu perkiraan kita tidak akan berbeda jauh nantinya dengan yang akan dibeli.

  • Luas Bangunan

Sahabat Tiga Roda dapat memperhitungkan luas bangunan dari luas tanah yang akan dibangun. Anda dapat menentukan ukuran setiap ruangan sehingga luas bangunan dapat diprediksi. Jika sudah mengetahui perkiraan luas bangunan, perencanaan biaya akan lebih jelas dan detail.

  • Upah Pekerja

Berapa rata-rata upah pekerja untuk membangun rumah? Apakah Sahabat Tiga Roda sudah punya gambaran? Hal ini juga merupakan poin penting pada saat merencanakan biaya. Upah pekerja tiap daerah berbeda-beda loh.. Upah tukang juga tergantung keahlian yang mereka miliki dan juga jauh tidaknya lokasi pekerjaan. Jadi, sebelum membangun lebih baik mencari referensi mengenai tukang di daerah tempat anda tinggal. Jika ada tetangga yang sedang atau baru selesai membangun, jangan ragu untuk bertanya kisaran upah pekerjanya, atau kalau memungkinkan Sahabat Tiga Roda bisa menggunakan jasa pekerja yang sama.

Dalam pembayaran upah ada 2 cara yang bisa kita terapkan, yaitu pembayaran borongan dan pembayaran harian. Pembayaran borongan dilakukan bila pekerjaan sudah selesai dan rapi. Biasanya pekerjaan borongan lebih cepat selesai dibandingkan pekerjaan harian.

Selain perencanaan biaya, rencana waktu pekerjaan juga bisa kita perkirakan apabila volume pekerjaan dan jumlah tukang dapat diketahui. Jadi dengan biaya “sekian” dan dalam waktu “sekian” Sahabat Tiga Roda bisa mendapatkan rumah impian.

 Selamat mencoba..! :)

# Perencanaan yang matang dapat mengurangi masalah dalam pekerjaan bangunan #



Berita Lainnya