Cara Membuat Bahan Bangunan Batu Koral Sikat Sendiri

01 Juni 2015 | Hunian Impian | 25650 views

Setelah kita membahas koral sikat dan pemanfaatannya pada bagian lain dari web ini, mari kita mencoba sendiri cara membuat batu koral sikat. Ikuti langkah-langkah berikut:

Cetakan atau pembatas

Cetakan ini berguna agar motif mozaik batu koral sikat sesuai dengan ukuran permukaan bidang lantai. Cetakan bisa terbuat dari apa saja, bisa dari kayu atau terbuat dari besi. Penting untuk diketahui agar cetakan atau pembatas ini dilumuri dengan oli terlebih dahulu. Supaya jika sudah mengering, mudah melepas cetakannya.

Adukan Semen

Sebagai bahan perekat batu koral hias adalah adukan semen. Campuran pasir dan semennya dengan perbandingan 1 : 1. Tambahkan air hingga adonan bahan bangunan semen pasir pas seperti adonan plesteran tembok.

Pencetakan

Masukkan adukan ke dalam cetakan, padatkan dan ratakan. Hal ini penting agar dasar koral sikat ini kokoh dan tidak berongga.

Menata Koral Sikat

Setelah adukan merata dalam bidang cetakannya, barulah kita tata koral berdasarkan desain yang sudah diinginkan. Mulailah dari tepi kemudian berlanjut ke tengah. Jika motif koral kecil-kecil bisa langsung ditaburkan ke dalam cetakan kemudian diratakan agar semuanya menempel pada semen. Jika semua koral sikat hias sudah tertempel, tekanlah koral sikat tadi secara bersamaan agar hasil permukaan koral sikat merata. Anda bisa gunakan triplek atau papan kayu untuk menekannya.

Tunggulah setengah kering

Setelah semua tertempel, tunggulah hasil perpaduan koral sikat dan semen tadi setengah kering atau kurang lebih setengah hari, kemudian sikat dengan sikat kawat agar permukaan koral sikat bagian atas terlihat jelas dan tidak ada semen yang menutupi batu koral hias tersebut. Tetapi ingat jangan terlalu keras saat menyikatnya karena akan membuat beberapa koral sikat hias terlepas. Karena jika terlepas, agak susah mengembalikannya mengingat semen sudah setengah kering.

Selamat mencoba!



Berita Lainnya