Berkreasi dengan Material Bangunan Penutup Lantai Ubin PC

02 Juni 2015 | Hunian Impian | 4899 views

Ada banyak material bangunan penutup lantai yang kita kenal, salah satunya adalah ubin PC. Ubin PC dahulu populer sebelum dikenal ubin keramik yang mendominasi finishing lantai rumah modern saat ini. Namun, untuk alasan tertentu penggunaan ubin PC punya keunggulan dibanding keramik.

Sesuai dengan namanya, ubin PC terbuat dari pasir,semen dan pewarna. Bentuk ubin ini umumnya adalah segi empat, tetapi juga ada yang segi enam dan segi delapan. Ubin jenis ini paling murah dan ekonomis di kelasnya, baik dari segi produksi, pemasangan maupun perawatannya. Dari segi ukuran, terdapat ubin PC 20 x 20 dan 30 x 30, sedangkan warna yang populer adalah abu-abu, kuning, dan putih.

Meski tergolong murah dan terkesan ketinggalan jaman, ubin PC ternyata masih banyak dipakai. Jika kita bisa mengkreasikannya, hasilnya tak kalah dengan lantai keramik, atau marmer sekalipun. Dengan biaya produksi dan perawatan yang murah, ini menjadi keunggulan tersendiri jenis ubin ini.

Bagi Anda yang menyukai gaya hunian rustic (ala pedesaan), ubin PC ini bisa Anda terapkan. Kesan alami dari ubin PC menjadi elemen penting untuk memunculkan tema alami dan berkesan ‘kembali ke masa lalu’. Untuk tujuan ini, pilihlah ubin PC polos warna abu-abu atau kuning. Pilih ukuran yang lebih luas, misalnya 30 x 30 agar kesan ruangan tidak menjadi sempit. Agar ada sedikit unsur modern lapisi dengan coatingringan agar tampak mengilap.

Finishing ubin PC juga banyak dijumpai di kafe-kafe yang mengusung gaya retro, hotel atau vila yang menerapkan konsep alami, rumah makan khas tradisional, dan sejenisnya. Untuk lebih menghasilkan kesan tradisional, bisa dikombinasi dengan ubin bermotif agar menambah aksen etnik.

Dengan pengaplikasian yang tepat, material yang sederhana ternyata mempunyai keunggulan, baik dari segi biaya maupun estetika. Selamat mencoba!



Berita Lainnya