Perbedaan Cat Interior Dengan Eksterior

30 Oktober 2017 | Gaya Hidup | 121 views
Cat tembok adalah salah satu bagian penting dari sebuah bangunan. Di mana warna dan juga pemilihan cat yang benar akan menentukan mood dan karakter dari bangunan tersebut. Setelah menentukan warna, tentu tidak boleh salah dalam membeli cat interior maupun cat eksterior. Untuk itu, sebelum Sahabat Tiga Roda  merenovasi bangunan atau rumah dengan merubah warna cat-nya, Anda harus mengetahui lebih jauh dulu apa perbedaan cat interior dengan eksterior.
 
Secara fungsionalis, cat memang kita gunakan untuk melindungi dan memperindah permukaan dinding rumah. Namun perlu dicermati bahwa perbedaan utama cat interior dengan eksterior sebenarnya terletak pada pengaplikasiannya. Berikut ulasannya:
 
1. Cat Interior
Pada umumnya cat ini dipalikasikan pada tembok bangunan atau rumah di bagian dalam. Hindari penggunaan tipe cat ini untuk eksterior rumah. Hal ini disebabkan karena daya tahan cat terhadap cuaca yang kurang dibandingkan dengan cat eksterior. Selain itu, cat interior lebih mudah dibersihkan, tahan terhadap rembesan air, tidak mudah berjamur, tidak mudah keropos dan juga memiliki daya rekat yang cukup tinggi. Tipe cat ini juga bebas dari kandungan logam berat ataupun bahan-bahan yang beracun yang mudah menempel di udara. Jika dilihat dari segi resin pada cat interior, umumnya cenderung lebih kaku agar kuat dari serangan jamur.
 
2. Cat Eksterior
Sesuai dengan namanya, tentu tipe cat ini lebih sering diaplikasikan pada rumah bagian luar karena berfungsi untuk melindungi  tembok dari cuaca. Jika dibandingkan dengan cat interior, cat eksterior ini cenderung lebih tahan terhadap sinar UV, anti jamur, sulit pudar dan juga tidak mudah menggelembung. Tipe cat ini sendiri dibutuhkan di luar ruangan karena cat ini akan langsung terkena sinar matahari dan hujan sehingga dapat membuat dinding menjadi lebih mudah retak. Jika dilihat dari bahan resin pada cat eksterior, umumnya lebih lembut karena cat tersebut seharusnya tahan terhadap cuaca maupun kelembapan yang tinggi.
 
Untuk cat eksterior sendiri umumnya dibagi ke dalam dua jenis. Cat eksterior berbahan dasar air, dan cat eksterior yang berbahan dasar minyak. Untuk cat eksterior berbahan dasar air biasanya lebih murah jika ditinjau dari segi biaya dan memiliki daya lengket yang kuat di dinding. Sementara cat eksterior berbahan dasar minyak, biasanya akan memberikan kesan mengkilap pada dinding rumah, mudah dicuci dan juga tidak mudah keropos.
 
Nah, setelah menjadi semakin paham tentang perbedaan cat interior dan juga cat eksterior, tentunya jangan sampai salah pilih ya Sahabat Tiga Roda! Selain itu, pastikan juga ketika mengecat rumah baik interior maupun eksterior-nya dilakukan ketika cuaca sedang cerah. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Berita Lainnya