Berbagai Gangguan Kesehatan Yang Berbahaya Akibat Smartphone

19 September 2017 | Gaya Hidup | 343 views

Saat ini, memiliki smartphone sudah menjadi gaya hidup kebanyakan orang. Hadir dengan berbagai macam merek dan juga varian harga, siapapun bisa memiliki smartphone, mulai dari anak-anak, orang dewasa, pelajar, pekerja, ataupun orang tua. Smartphone juga sudah menjadi kebutuhan hidup yang tidak bisa dipisahkan. Kemana pun Sahabat Tiga Roda pergi tentu akan membawa serta smartphone, bahkan ketika mau tidur sekalipun. Namun, tahukah Anda bahwa dengan berlama-lama menggunakan smartphone memiliki dampak negatif bagi kesehatan? Berikut berbagai gangguan kesehatan yang cukup berbahaya akibat terlalu lama menggunakan smartphone. Yuk disimak!

1. Penglihatan terganggu, pandangan kabur, dan mata merah

Dengan berlama-lama melihat layar smartphone bisa mengakibatkan penglihatan Sahabat Tiga Roda terganggu. Dalam dunia kedokteran gangguan penglihatan ini disebut Computer Vision Syndrome (CVS) dengan gejala mata kering karena jarang berkedip. Untuk mencegahnya, kurangi durasi melihat layar smartphone, hindari menggunakan smartphone di tempat gelap yang memicu otot dan syaraf mata bekerja lebih berat, atau tidak menggunakan smartphone dalam posisi miring atau sambil tiduran. Selain itu, jika kita terus-menerus memaksakan penglihatan kita pada layar smartphone, pandangan bisa menjadi kabur yang bisa berujung pada rabun jauh (mata minus) dan mata menjadi merah akibat mata kering yang dibiarkan terlalu lama. 

2. Sakit kepala

Akibat posisi leher yang salah dan otot mata yang tegang terlalu lama karena sering melihat layar smartphone bisa juga memicu sakit kepala. Gejala sakit kepala atau pusing juga bisa terjadi akibat terlalu lama membaca atau melihat layar smartphone ketika berada di dalam kendaraan yang berjalan. Untuk meminimalisir gangguan kesehatan tersebut, Sahabat Tiga Roda memerlukan istirahat yang cukup, kurangi juga jarak antara mata dan smartphone (sebaiknya lebih dari 20 cm).

3. Kelainan postur tubuh

Menggunakan smartphone terlalu lama dengan posisi badan yang tidak benar dapat mengakibatkan kelainan postur tubuh. Misalnya melihat smartphone dengan posisi tulang belakang terlalu membungkuk ke depan (terlalu menunduk). Gejala dini yang bisa dirasakan adalah pegal berlebihan di area leher, punggung, atau pinggang. Hal ini bisa berbahaya pada pertumbuhan tulang leher dan tulang belakang di mana postur tubuh bisa menjadi bungkuk di usia muda. 

4. Gangguan Pendengaran

Selain digunakan untuk bermain game, browsing, atau media sosial, smartphone juga digunakan untuk memutar musik dengan memakai earphone. Mendengarkan musik menggunakan earphone dengan volume speaker terlalu tinggi bisa mengakibatkan pendengaran terganggu. Mendengarkan musik dengan volume kencang biasanya dilakukan saat mengendarai motor atau di tempat keramaian.

5. Insomnia

Keasyikan browsing, media sosial, chatting, atau bermain game biasanya berlanjut hingga larut malam. Hal ini tentunya waktu untuk tidur dan istirahat menjadi berkurang. Suara  notifikasi pesan masuk di smartphone juga bisa membuat kualitas tidur menjadi terganggu. Kurangnya istirahat secara terus-menerus dapat membuat ketahanan tubuh menjadi berkurang, mengalami insomnia, dan akhirnya gampang terserang penyakit. Untuk itu, matikan smartphone saat menjelang tidur agar dapat istirahat dengan tenang.

6. Merusak otak

Sejauh ini memang dampak buruk dari radiasi smartphone terhadap kesehatan tubuh masih menjadi kontroversi dan masih terus diteliti. Namun beberapa penelitian mengatakan bahwa radiasi smartphone dapat memicu tumbuhnya tumor otak. Gejala yang paling banyak dialami saat ini adalah menatap smartphone berlama-lama dapat menyebabkan rasa mual dan sakit kepala.

Wah ternyata cukup menyeramkan ya berbagai gangguan kesehatan yang bisa Sahabat Tiga Roda rasakan akibat terlalu lama memakai smartphone! Untuk mengurangi penggunaan smartphone yang berlebihan, Sahabat Tiga Roda bisa mengalihkan perhatian dengan menikmati waktu bersama keluarga atau teman. Lebih sehat dan meningkatkan kualitas hubungan Sahabat Tiga Roda. Semoga dengan membaca artikel ini bisa membuat Anda lebih bijak lagi dalam menggunakan smartphone ya..!


Berita Lainnya