Tips Membangun Rumah Dengan Memakai Jasa Tukang

07 September 2017 | Gaya Hidup | 131 views
Ketika ingin membangun rumah, Sahabat Tiga Roda pasti berupaya untuk meminimalisir pengeluaran namun tetap memaksimalkan hasil pembangunannya. Tentu Anda tidak ingin rumah impian Anda menjadi tidak sesuai harapan karena pengerjaan yang asal-asalan. Nah berikut ini Tiga Roda berbagi tips yang perlu Anda cermati ketika membangun rumah, khususnya ketika memakai jasa tukang bangunan. 
 
1. Cari tahu pengalaman tukang atau kontraktor dalam pekerjaan pembangunan rumah
 
Salah satu hal terpenting dalam keberhasilan pembangunan rumah adalah mengetahui informasi tentang rekam jejak atau pengalaman dari tukang bangunan atau kontraktor yang Anda ingin sewa. Jangan ragu untuk datang melihat hasil rumah atau bangunan yang pernah dibangun. Dan sangat wajar jika Sahabat Tiga Roda menanyakan opini dari pemilik rumah atau bangunan ketika membangun rumah itu bersama sang tukang atau kontraktor tersebut. Selain itu, Anda juga bisa bertanya kepada pemilik rumah di area rumah Anda (tetangga) mengenai para tukang atau kontraktor yang menjadi langganan di daerah tersebut. Agar lebih terpercaya dan terlatih, Sahabat Tiga Roda juga bisa memilih tukang yang telah tersertifikasi dan telahmengikuti pelatihan-pelatihan dari berbagai lembaga, seperti Sekolah Tukang Semen Tiga Roda (SETARA). 
 
2. Ketahui apa yang ingin dikerjakan
 
Pahami betul apa yang Sahabat Tiga Roda ingin bangun dan seberapa besar pekerjaan yang nantinya akan dibebankan kepada tukang bangunan. Jika pekerjaan bangunan yang ingin dilakukan hanya berupa pembangunan kecil atau renovasi sederhana seperti merenovasi dapur, membangun taman belakang, atau mengganti seluruh lantai rumah, Anda bisa menyewa jasa tukang bangunan dengan sistem pembayaran harian. Namun, jika pekerjaan pembangunan berskala besar disarankan untuk menyewa jasa tukang bangunan borongan. 
 
3. Buatlah kontrak tertulis dengan materai
 
Biasakan untuk selalu membuat kontrak tertulis dengan materai, apalagi jika hal ini menyangkut pekerjaan yang mengeluarkan uang yang cukup besar. Hal ini penting dilakukan agar tukang atau kontraktor bertanggung jawab atas pekerjaannya. Dalam kontrak tersebut, harus dituliskan detail apa saja yang akan dikerjakan kontraktor, berapa bayaran mereka, waktu pengerjaan, dan bahan-bahan yang digunakan. Jangan lupa juga untuk memasukkan klausa mengenai hal-hal seperti terjadinya masalah dalam pembangunan, mulai dari rumah gampang rusak, kebocoran, atau tembok yang mudah roboh. Simpan juga fotokopi identitas kepala kontraktor.Dengan begitu pekerjaan pembangunan akan lebih aman dan efektif di kedua belah pihak yang terkait.
 
4. Jika perlu, gunakan jasa konsultan arsitektur
 
Selain perencanaan pembangunan, pengawasan juga merupakan poin yang sangat penting dan menentukan keberhasilan dalam membangun rumah.  
 
Jika Sahabat Tiga Roda tidak memiliki waktu untuk selalu mengawasi langsung pekerjaan bangunan, ada baiknya menggunakan jasa konsultan arsitektur. Memang dengan menyewa jasa konsultan seperti ini tentu akan mengeluarkan biaya, namun, para arsitek ini juga bertanggung jawab dalam menghitung biaya yang harus dikeluarkan, memilih bahan sesuai kebutuhan, mencegah terjadinya penipuan material, hingga mengawasi pekerjaan tukang agar lebih efektif dan efisien. Dengan kata lain, keberadaan arsitek justru bisa memperkecil pengeluaran. Anda pun bisa memilih jasa arsitek yang sesuai dengan anggaran.
 
Semoga tips di atas bisa membantu Sahabat Tiga Roda dalam menyewa jasa tukang bangunan untuk mengerjakan rumah Anda. Saat kerjasama telah terjalin yang terpenting adalah pelaksanaan hak dan kewajiban yang sesuai dengan kesepakatan. Selamat mencoba ya Sahabat Tiga Roda!