Berbagai Kebiasaan Sehat Yang Bisa Berbahaya Bagi Kesehatan

07 September 2017 | Gaya Hidup | 147 views
Bagi Sahabat Tiga Roda yang sedang menerapkan pola hidup sehat, mungkin sedang gencar-gencarnya berolahraga atau mengkonsumsi berbagai suplemen makanan dan vitamin, serta menjadikannya sebagai kebiasaan sehari-hari. Namun, jika tidak hati-hati atau dilakukan secara berlebihan, bisa berdampak buruk bagi tubuh lho! Karena itu, yuk simak dulu berbagai kebiasaan “sehat” yang bisa berbahaya bagi kesehatan berikut ini:
 
1. Olahraga terlalu berat
 
Jika sebelumnya Anda adalah orang yang lebih sering duduk di balik meja kerja dan jarang bergerak, janganlah langsung berolahraga berat dalam waktu yang lama karena tubuh Anda akan kaget dan berpotensi cidera. Selain itu, olahraga adalah sebuah aktivitas yang harus dilakukan konsisten seumur hidup dan bisa dinimakti. Jadi, lebih baik Sahabat Tiga Roda memilih olahraga yang ringan dan bisa dilakukan rutin dibandingkan memaksakan diri melakukan olahraga yang berat, atau sampai membuat tubuh kesakitan. Selalu mulai olahraga dengan pelan dan bertahap. 
 
2. Kebanyakan konsumsi vitamin
 
Anda bisa mengkonsumsi vitamin melalui berbagai makanan atau suplemen berupa pil. Namun, jika dalam satu hari Anda mengkonsumsi asupan vitamin berlebih tentu akan ada efek samping yang kurang baik bagi tubuh. Misalnya, apabila berlebihan vitamin A, maka bisa dilihat dariefek samping berupa rambut dan alis rontok, kulit kasar, atau bibir pecah-pecah. Jika Anda sudah makan makanan yang kaya vitamin, Anda tidak perlu lagi menambah suplemen vitamin. 
 
3. Beristirahat atau tidur terlalu lama
 
Beristirahat atau tidur adalah aktivitas yang penting untuk tubuh. Namun jika terlalu banyak tidur tentu akan berefek negatif. Contohnya, jika biasanya Sahabat Tiga Roda  tidur 6 jam selama hari kerja, lalu memutuskan untuk tidur 9-10 jam saat akhir pekan tiba, maka bisa saja saat bangun  Anda akan merasakan sakit kepala. Hal ini disebabkan ketika tertidur, tubuh bernafas lebih lambat, jadi CO2 yang dikeluarkan pun lebih sedikit. Nah tidur lebih lama akan memberi kesempatan pada CO2 untuk mengendap dalam tubuh lebih lama sehingga memicu timbulnya sakit kepala. Selain itu, seseorang yang tidur berlebihan cenderung merasa depresi, rawan sakit jantung, bahkan bisa juga meninggal.
 
4. Terlalu sering memakai cairan atau gel pembersih tangan 
 
Memastikan telapak tangan dan jari-jarinya selalu dalam keadaan bersih memang bisa menghindarkan kita dari kuman penyakit. Namun, jika kita terlalu sering menuangkan cairan atau gel pembersih tangan, tanpa mencucinya dengan air bersih, justru memungkinkan zat-zat kimia yang terkandung dalam gel pembersih tersebut mengendap di tangan dan memungkinkan bakteri jadi lebih mudah menempel di tangan. Jadi, ada baiknya, gunakan gel pembersih instan tersebut hanya dalam keadaan tidak ada wastafel atau sabun dan air bersih untuk cuci tangan. Selain itu, ada baiknya, setelah pemakaian gel pembersih tangan sebanyak 3 kali, Anda segera mencuci tangan dengan air dan sabun.
 
5. Berlimpah serat
 
Makanan berserat memang baik untuk tubuh dan juga pencernaan. Selain itu juga bermanfaat untuk melancarkan kadar gula dalam darah. Namun, mengonsumsi serat berlebih bisa memicu timbulnya gas dalam perut, diare, dan kram perut.
 
6. Terlalu sering cuci muka 
 
Apabila Sahabat Tiga Roda memiliki jenis kulit yang berminyak dan berjerawat, mungkin Anda merasa butuh untuk sering-sering cuci muka supaya kulit menjadi lebih segar dan tidak berminyak. Padahal mencuci muka terlalu sering justru akan membuat kulit sensitif, iritasi dan bisa memperburuk kondisi jerawat. Mencuci wajah 2 kali sehari dengan sabun wajah yang lembut itu sudah cukup.
 
7. Sikat gigi terlalu keras dan sering
 
Punya gigi yang putih, bersih, dan rapi memang impian semua orang. Namun, bukan berarti dengan  menyikatnya dengan keras dan terlalu sering akan membuat impian Anda tercapai. Apalagi, di semua pasta gigi sudah mengandung zat untuk menghilangkan noda, yang jika digunakan terlalu sering bisa melukai email gigi. Selain itu, menyikat gigi dengan penuh tenaga dan tekanan yang keras bisa merusak gusi dan membuat infeksi. Baiknya, Sahabat Tiga Roda menggosok gigi 2-3 kali sehari dengan dengan sikat gigi dengan bulu yang lembut.