Yuk Bersihkan Rumah Pasca Mudik!

07 Juli 2017 | Gaya Hidup | 519 views

Setelah bersilahturahmi bersama keluarga dan kerabat di kampung halaman, kini sudah saatnya kita semua kembali beraktivitas. Dan setelah ditinggal mudik cukup lama, tentunya keadaan rumah Sahabat Tiga Roda menjadi kotor dan berdebu. Yuk bersihkan rumah kita supaya setiap anggota keluarga bisa tinggal dengan nyaman di dalamnya. Berikut beberapa area rumah yang menjadi prioritas untuk dibersihkan pasca mudik:

1. Jendela

Hal pertama yang harus dilakukan setelah pulang mudik adalah membuka lebar seluruh jendela rumah, khususnya di pagi hari. Hal ini berfungsi agar terjadi sirkulasi udara yang baik. Udara yang terkurung cukup lama di dalam rumah yang tertutup rapat saat mudik harus diganti dengan udara pagi hari yang sejuk dan sehat. Selain itu, hal ini juga berfungsi agar sinar matahari bisa masuk dan menjangkau seluruh sudut ruangan.

Bersihkan juga setiap kaca jendela dan kusen-kusennya agar bebas dari debu yang menempel. Sahabat Tiga Roda bisa membersihkannya menggunakan lap basah atau koran bekas yang digulung dan ditambahkan sedikit cairan pembersih. Siapkan juga lap kering untuk mengeringkan kaca sehingga tampilannya menjadi berkilau.

2. Lantai

Bagian rumah lainnya yang menjadi prioritas untuk dibersihkan pasca mudik tentulah lantai. Lantai rumah yang ditinggal berhari-hari sudah pasti akan berdebu. Pastikan sebelum mengepel lantai Anda sudah menyapunya terlebih dahulu sehingga kegiatan mengepel menjadi lebih mudah dan lantai bisa lebih bersih.

3. Sofa dan Karpet

Sofa, karpet, atau berbagai furnitur lain yang ditinggal cukup lama pasti akan menyimpan debu. Agar memudahkan Sahabat Tiga Roda dalam membersihkannya, gunakanlah mesin penyedot debu atau vacuum cleaner, khususnya untuk sofa atau karpet dengan bahan bulu. Namun jika sofa yang ada di rumah berbahan kulit maka cukup bersihkan dengan lap saja.

4. Kamar Tidur

Setelah berbagai ruangan umum di dalam rumah dibersihkan, bersihkanlah kamar tidur Anda. Kalau menjemur kasur dan seluruh bantal dan gulingnya sulit dilakukan lantaran cuaca belum mendukung, gantilah sepreinya dengan yang baru. Setelah itu, jangan lupa untuk menyapu dan mengepel lantai kamar hingga bersih.

Semoga tips di atas membantu Sahabat Tiga Roda yang baru pulang mudik!


Berita Lainnya