Tips Liburan Hemat dan Menyenangkan Di Rumah

09 Juni 2017 | Gaya Hidup | 727 views

Liburan panjang di akhir pekan biasanya menjadi saat-saat yang paling ditunggu oleh sebagian besar orang untuk merencanakan liburan. Namun, bagi sebagian lainnya, momen tersebut mungkin justru menjadi saat-saat yang paling membingungkan. Hal ini disebabkan tidak mudahnya memilih kegiatan dan destinasi liburan tanpa mengeluarkan dana yang  merogoh kocek. Belum lagi di saat liburan panjang, berbagai destinasi wisata dan juga arus lalu lintas menuju lokasi tersebut menjadi sangat padat sehingga mengurangi nikmatnya berlibur.

Namun, Sahabat Tiga Roda tidak perlu khawatir, karena sebenarnya rumah yang selama ini kita tinggali bisa disulap menjadi destinasi liburan yang menyenangkan bagi seluruh anggota keluarga, dan pastinya ramah di dompet. Berikut tips liburan hemat dan menyenangkan di rumah yang perlu Anda simak!

1. Ubah area di sekitar rumah menjadi area untuk berkemah bersama anak-anak Anda 

Berkemah adalah salah satu kegiatan di alam terbuka yang sangat menyenangkan dilakukan buat seluruh umur, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Namun, jika rumah Anda tidak memiliki halaman atau ruang di alam terbuka yang bisa dijadikan area berkemah, Anda juga bisa melakukannya di dalam rumah. Dan jika Sahabat Tiga Roda memiliki anak-anak yang masih kecil, Anda bisa ikut bermain dan berperan sesuai imajinasi mereka seakan-akan sedang berkemah di alam terbuka.

2. Memasak bersama-sama

Kalau selama ini mungkin hanya sang Ibu yang memasak makanan bagi seluruh anggota keluarga, di saat libur, saatnya bantu Ibu dan memasak bersama-sama. Apalagi anak-anak pasti menjadiakan sangat semangat apabila bisa membuat makanan favoritnya sendiri. Hal ini membuat orangtua pun bisa lebih mengenal selera makan anak. Kuncinya, buatlah makanan yang mudah di masak sehingga anak Anda bisa mengikuti seluruh proses memasak dengan aman dan tidak kesulitan. Selain itu, harus ekstra sabar karena siap-siap melihat dapur akan “lebih berantakan” daripada biasanya.

3. Mendekorasi ulang tembok kamar

Kamar adalah ruangan yang paling sering kita tinggali. Selain sebagai tempat istirahat, belajar, ataupun bekerja,  kamar menjadi cerminan pribadi pemiliknya. Supaya kita selalu betah berada di kamar, maka suasana di dalam kamar haruslah nyaman. Nah.. momen liburan ini tentunya bisa jadi saat yang pas untuk mendekorasi ulang tembok kamar sehingga kita tidak bosan berada di dalamnya. Dan Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk mendekorasi ulang tembok kamar jika Anda menggunakan bahan-bahan daur ulang atau bahan-bahan sederhana yang sudah Anda miliki di rumah.

Misalnya, dengan membuat prakarya yang terbuat dari kertas untuk ditempel di tembok. Ataupun menggunakan CD bekas yang tidak terpakai lagi untuk digantung-gantung di tembok, seperti contoh di bawah ini. 

Selamat menikmati libur panjang di akhir pekan!


Berita Lainnya