4 Jenis Makanan dan Minuman Yang Harus Dihindari Saat Sahur

09 Juni 2017 | Gaya Hidup | 491 views

Salah satu hal yang paling penting dan harus dilakukan ketika menjalani ibadah puasa adalah sahur. Kegiatan makan dan minum sebelum waktu Imsak ini tentu sangat penting dilakukan untuk menjaga kebutuhan energi yang tersimpan di dalam tubuh agar kuat berpuasa seharian penuh. Namun, ada beberapa jenis makanan dan minuman yang harus dihindari pada saat sahur agar asupan gizi yang disimpan tubuh bisa lebih maksimal untuk berpuasa:

1.       Makanan yang berminyak dan berlemak serta tinggi garam

Makanan berminyak dengan kandungan lemak yang tinggi adalah makanan yang kurang baik disantap saat sahur. Biasanya makanan seperti ini berupa makanan bersantan, goreng-gorengan, jeroan, atau makanan cepat saji (fast food). Makanan berlemak tinggi bisa menyebabkan kelesuan lebih cepat pada tubuh. Selain itu, makanan yang mengandung kandungan garam yang tinggi bisa membuat kita menjadi lebih cepat haus.

2. Makanan yang terlalu manis 

Hindarilah mengkonsumsi banyak permen, kue kering, minuman bersoda, atau minuman dalam kemasan yang mengandung banyak gula dan terasa terlalu manis. Makanan dan minuman yang tinggi gula dapat dengan mudah meningkatkan asam dalam tubuh. Sebaiknya, penuhi kebutuhan akan konsumsi gula melalui buah-buahan segar yang mengandung kandungan gula alami.

3. Minuman yang mengandung kafein yang tinggi

Meminum kopi dan teh juga harus dihindari pada saat sahur. Hal ini disebabkan kedua minuman tersebut mengandung kafein yang cukup tinggi dan bersifat diuretik. Kafein akan membuat tubuh kehilangan air lebih cepat melalui buang air kecil.

4. Makanan yang pedas

Meskipun Sahabat Tiga Roda adalah pencinta masakan Indonesia yang memiliki bumbu bercitarasa pedas, ada baiknya hindari dulu menyantapnya saat sahur.  Hal ini tentunya karena makanan  yang pedas dapat menyebabkan mulas-mulas akibat gesekan pada lapisan permukaan lambung yang menjadi lebih rapuh serta mengalami luka ketika menyantap makanan yang pedas.

Setelah menghindari beberapa jenis makanan dan minuman di atas, konsumsilah berbagai makanan yang sehat dan mengandung serat seperti sayur-sayuran sehingga akan memperpanjang rasa kenyang. Selain itu, perbanyaklah minum air putih dan konsumsi buah-buahan. Selamat menunaikan ibadah puasa bagi Sahabat Tiga Roda yang menjalaninya.


Berita Lainnya